Uang dan Media Massa Menjalin Hubungan ‘Haram’ ?

Dalam kehidupan yang semakin komersial ditambah dengan kemunculan kekuatan media massa, istilah hubungan ‘haram’ berlaku untuk model atau metode yang digunakan untuk meraih kekuasaan.

Pierre Bourdieu mengatakan bahwa praktik hubungan ‘haram’ akan terjadi manakala kekuatan politik ekonomi bersatu dengan jurnalistik. Secara alami dan sah hubungan ini membuahkan kekuatan yang mampu mempengaruhi kebijakan arah politik. Konstruksi opini dan uang menjadikan mereka sebagai pihak yang ‘wajib’ diperhitungkan oleh siapa pun.  Sehingga, masih menurut Bourdieu, para intelektual semakin kehilangan derajat kemandiriannya, bahkan di arena yang mereka tempati sendiri.

Satu hal yang mungkin terabaikan dari pernyataan Pierre Bordieu, yaitu takaran atau sistem yang digunakan. Se-haram apa pun sebuah perilaku dipraktikkan sepanjang tidak bertentangan nilai-nilai yang melingkupinya (dalam hal ini adalah kapitalisme), maka selama itu pula tidak akan pernah ada yang mengharamkan. Jadi, permasalahan sesungguhnya bukan pada ada-tidaknya praktik hubungan ‘haram’, melainkan pada takaran yang digunakan.

Iklan

One thought on “Uang dan Media Massa Menjalin Hubungan ‘Haram’ ?”

  1. tapi memang media tidak bisa dilepaskan dari bentuk kapitalis media. kapital media menjadi salah satu pendorong hidupnya sebuah media, tanpa kapitalis media mungkin tidak akan hidup dan berkembang selain dari faktor lainnya. namun tinggal bagaimana sumber dari kapital media itu apakah dg cara benar atau sebaliknya, dan jangan media hanya mementingkan kapitalisnya saja, karena masyarakat kita sekarang sudah memiliki pngetahuan yg lebih baik dari dulu, mereka tau mana media yg hanya mementingkan kapitalisnya dan kontenya. btw, terimakasih buat artikelnya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s