Seni Membunuh Waktu Dibalik Pemujaan Kemudaan

Kemajuan ilmu kedokteran dalam melawan proses penuaan (aging) menuai efek yang jangkauannya melampaui habitat kompetensinya. Sebagian positif, sebagian negatif, sebagian nyata dan sebagian tidak kentara, yang pasti semuanya memiliki impilkasi-implikasi terhadap riset perpanjangan usia.

Di satu sisi ada anggapan umum, setidaknya sampai saat ini, bahwa batas rata-rata usia produktif adalah 60 atau 65 tahun. Di sisi lain terdapat fakta lansia yang berusia 70 tahun bahkan lebih, terbukti masih produktif sehingga keputusan memensiunkan pekerja pada usia 60 atau 65 tahun bukan lagi menjadi satu-satunya pilihan. Efek turunan yang juga menuntut kajian para pengambil keputusan adalah bertambahnya rentang regenerasi status keprofesian, dan kondisi ini akan semakin menekan manakala para lansia secara sadar dan terencana berupaya mempertahankan posisinya. Berkah lain yang mungkin luput dari pengamatan umum adalah terbukanya kesempatan bagi anak-anak muda menikmati limpahan cinta dan kasih sayang dari para orang tua dan generasi di atasnya lagi.

Pemujaan terhadap kemudaan pada dasarnya merupakan manifestasi hasrat mempertahankan eksistensi, menjauhi ketiadaan atau kematian. Dengan memanfaatkan sedikit keterampilan teknis seperti mengenakan busana ketat, blue jeans, semir rambut, kaca mata hitam serta ikon-ikon keremajaan lainnya, mereka yang telah berumur dapat dengan mudah memuaskan hasrat ini. Namun, tanpa mengerti makna tujuan hidup, ekspresi kemudaan faktual atau artifisial dengan efek nyata atau tidak kentara, manfaat atau sia-sia, disyukuri atau disesali, dapat dipastikan hanyalah seni membunuh waktu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s