Usia 40 dan Kesegeraan Yang Berlalu

Ada apa dengan usia 40 tahun?. Satu-satunya ayat yang secara spesifik menyebut usia empat puluh tahun adalah QS 46 ayat 15:

“….Apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”.

Untuk mendapatkan penjelasan secara benar dan mendalam perlu rujukan kitab tafsir, namun satu hal yang pasti ayat tersebut berbicara tentang waktu. Saat ini, waktu sepertinya tidak lagi dipandang sebagai sarana atau modal, tapi dianggap sebagai komoditas yang layak diperjual belikan. Mie instan, peralatan masak elektronik, jasa laundry dan belanja online, tidak hanya menawarkan barang atau jasa berkualitas dengan harga efisien, tapi tanpa diungkapkan juga menjajakan “waktu luang”, waktu yang bisa membebaskan para konsumen dari berbagai tekanan keharusan. Menonton TV, membaca buku, jalan-jalan ke mall atau nongkrong di cafe, bukan hanya mengkonsumsi informasi, pengetahuan, suasana serta wisata kuliner, melainkan juga melahap habis semua waktu senggang. Tak ada keraguan jika pengorbanan ini mendapatkan hasil yang sepadan berupa kemudahan, keleluasaan, kesantaian dan kesenangan. Namun juga tidak bisa disangkal bersamanya jatah hidup juga ikut menyusut.

Hanya dengan menyegerakan perintahNYa sebagaimana tak pernah tertundanya nikmat nafas, oksigen, dan detak jantung, setiap detik bisa dipertanggungjawabkan. Bagaimana bila sudah 40 tahun berlalu, do’a diatas menjadi jawabannya. Insyaallah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s