Seberapa Adil Gaji Anda ?

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan di Emory University, para peneliti menemukan fakta bahwa monyet Capuchin yang telah dilatih menukar batu dengan makanan, sebagian monyet bersedia menukarkan batu dengan anggur, namun sebagian lainnya memilih membanting batunya atau menolak setelah tahu ditukar dengan mentimun.

Jika binatang primata bisa menuntut perlakuan adil, adalah hal yang sangat semestinya bila manusia lebih membutuhkannya. Namun keadilan bukan gagasan ilmiah, sangat terbuka untuk dimaknai sesuai sudut kepentingan masing-masing. Tidak bisa dipastikan (termasuk dengan memenuhi upah minimum) pada besaran berapa gaji bisa dikatakan adil bagi penerima maupun pemberi kompensasi.

Kalau memang mustahil mendapatkan rumusan yang benar-benar adil, setidaknya bisa meminimalisir ketidakadilan dengan mengacu kepada 4 prinsip keadilan :

  1. Keadilan eksternal, dengan cara membandingkan gaji di perusahaan lain untuk profesi atau pekerjaan sejenis
  2. Keadilan internal, dengan cara mengukur seberapa adil gaji pekerjaan yang satu dibanding dengan pekerjaan yang lain dalam perusahaan yang sama
  3. Keadilan perorangan, yaitu pemberian kompensasi yang mengacu pada kinerja perorangan pada pekerjaan yang sama di dalam perusahaan
  4. Keadilan prosedural, adalah keadilan dalam proses dan prosedur yang digunakan untuk mengambil keputusan berkenaan dengan pemberian kompensasi.

Kata kuncinya terletak pada cara para korporat atau karyawan memaknai keuntungan atau gaji yang diperolehnya, yaitu mengkonsumsinya dengan cara yang baik sebagaimana makannya anak kambing Arab yang hanya sekedar mengunyah bukan menelannya dengan lahap.

Bacaan :  Muhammad Ahmad Asyur – Khotbah dan Wasiat Umar Ibnul Khaththab,  Gary Dessler –  Human Resource Management

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s