Kebaikan dan Penghambaan Yang Mengancam

Masyarakat konsumsi tidak hanya ditandai dengan melimpahnya benda-benda konsumsi, tetapi juga oleh kenyataan bahwa semua adalah jasa. Sedangkan barang adalah bonus cuma-cuma. Iklan menunjukkan tanda-tanda kehilangan selera berbicara tentang produk berkualitas atau harga murah, lebih tertarik mengabarkan tentang ‘ibu’ yang siap melayani dan memberikan perlindungan sepenuh hati.

Dalam masyarakat yang terhasut dan terkondisikan oleh sistem, Ideologi kebaikan hati dan penghambaan, secara sempurna berhasil menyembunyikan motif ekonomis. Kehangatan dalam bentuk sapaan mekanis dan senyuman institusional adalah kenyataan mendasar hilangnya hubungan manusiawi yang spontan dan timbal balik.

Alhasil, upaya menangkal ancaman kebaikan dan penghambaan palsu bukan hanya keputusan personal yang selalu terintimidasi logika umum, tapi juga penaklukan diri terhadap godaan konsumtif.

Bacaan : Jean P Baudrillard, Masyarakat Konsumsi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s