Satu Jam Sebelum Kematian

Tidak ada kemalangan yang paling tidak mengenakkan, kecuali kemalangan seorang perempuan tua cacat yang di tinggal pergi ke bioskop. Perempuan tua yang tidak bisa diam, kini tereduksi menjadi hening dan tak berkutik. Tak ada orang yang mengajaknya bicara. Ia ada di pojokan, seperti seekor anjing. Ia pun menyerahkan segalanya kepada Tuhan yang ia cintai dengan cara yang begitu buruk. Ia berpikir : “Dia punya rembulan.” Segalanya terkatakan.

Dalam potret di dinding ia bergaun hitam tanpa satu keriput, dengan mata luar biasa yang bening dan dingin. Wajahnya merah padam tertikam kenangan. Ia tak pernah mengkhianati suaminya, bahkan sampai melahirkan sembilan orang anak. Namun, di mata cucunya yang telah beranjak dewasa, ia tak lebih dari seorang penindas dengan pandangan pesimisnya. Perempuan tua yang selalu mengatakan : “akulah yang berbuat segalanya di sini”. Terus, “bakal jadi apa kalian, kalau aku lenyap dari dunia!”

Anak cucunya terbiasa tak menghiraukan sakitnya sampai suatu hari ia terpaksa berbaring dan menuntut kehadiran dokter. Hari pertama, sang dokter mengungkapkan bahwa penyakitnya hanya tidak enak badan biasa, hari kedua kanker liver, dan hari ketiga penyakit kuning yang parah.

Di hari terakhir, dengan didampingi anak cucunya, ususnya terbebas dari makanan. Satu jam sebelum mati, ia bertutur terus terang kepada cucunya : “kau dengar, aku kentut seperti seekor babi kecil”. Saat penguburan, karena letusan air mata para pelayat, cucunya akhirnya menangis, tetapi dengan diliputi rasa cemas akan ketidaktulusan dan kedustaannya di depan mendiang. Benar-benar absurd !.

Disadur : Albert Camus – Ironi (L’Envers et L’Endroit)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s