Mengapa hari Senin ‘Mengesalkan’ ?

Menanti tibanya hari Minggu setelah enam hari kerja yang menekan, laksana minum es di tengah terik matahari. Lebih dari waktu untuk berkumpul dengan keluarga, hari Minggu juga memberikan ruang psikologis untuk bisa sepenuhnya menjadi diri sendiri, mulai dari bermalas-malasan, berbusana kedodoran, hingga menikmati menu masakan kegemaran.

Minggu malam sekitar jam sembilan atau sepuluh malam, bayangan esok hari tentang diri yang terpapar ‘racun’ suasana kerja (baik yang berasal dari himpitan beban kerja maupun perilaku orang-orang yang menjengkelkan), siap mengacaukan tidur malam kita. Kekesalan periodik ini mencapai puncaknya pada Senin pagi seiring pergerakan jarum jam di dinding yang menghalau kita agar bergegas berangkat kerja.

Ketika ditanyakan mengapa hari Senin mengesalkan?, ada penjelasan lain selain jawaban bahwa manusia maunya bersenang-senang terus. Kelenjar pineal yang ada dalam otak kita memproduksi hormon melatonin yang salah satu fungsinya, selain memperbaiki sel-sel rusak, adalah mempengaruhi suasana hati. Salah satau faktor yang mempengaruhi produksi melatonin adalah ritme tidur malam, khususnya durasi tidur.

J. Bock dan Boyette (Stay Young The Melatonin Way, 1995) menjelaskan bahwa pola tidur delapan jam sehari adalah mitos kuno yang diwariskan orang Romawi yang ingin menciptakan ketertiban dengan membagi hari (24 jam) menjadi tiga bagian, salah satunya adalah waktu tidur. Lamanya tidur yang semestinya bukan ditentukan oleh lima, delapan, atau sembilan jam, tapi menurut kebutuhan. Tidur melebihi kebutuhan sebagaimana sering dilakukan pada hari minggu, efeknya tidak jauh berbeda dengan kurang tidur. Keduanya mengacaukan produksi melatonin yang pada gilirannya mempengaruhi suasana hati. Pola tidur malam yang tidak berbeda antara hari Minggu dengan hari lainnya, mampu menjaga tubuh terasa segar, termasuk tidak merasa kesal ketika bangun di hari Senin.

31 thoughts on “Mengapa hari Senin ‘Mengesalkan’ ?”

  1. Nama
    Maria Ulfah 11.20.1744
    Anila 11.20.1712
    Devi Novika Rini 11.20.1716
    Kelas : A
    Semester : VIII
    Tugas ilmu sosial dasar
    Budaya libur hari minggu hubungan dengan kesehatan

    Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsure, termasuk agama dan politik, adat istiadat, bahasa, dan karya seni.
    setiap hari libur atau hari minggu setiap kelompok melakukan kerja bakti, misalkan Dengan pembersihan lingkungan, maka kesehatan lingkungan akan terjaga.
    Manfaat bagi kesehatan pada pelaksanaan kerja bakti, di mana tenaga diperlukan dan kerja tubuh yang dikeluarkan sama pengganti olah raga . Pemeliharaan kebugaran tubuh yang justru tanpa biaya ini mambawa dampak positif bagi kesehatan jasmani, disamping juga bagi kesehatan psikis,sosial pada para pelaku kerja bakti.

    DAFTAR PUSTAKA
    http://zenziko.wordpress.com/2010/03/20/pengertian-manusia-dan-kebudayaan/
    http://ridwan202.wordpress.com/…/manusia-sebagai-mahluk-budaya/
    http://dimensi5.wordpress.com/2007/07/09/kerja-bakti/
    http:ilmuwanmuda.wordpress.com/berbagai-budaya-lokal-pengaruh-budaya-asing-danhubungan-antar-budaya/
    http://www.detiknews.com/

    Suka

  2. NAMA : AZHAR RASYIDAH
    NIM : 11.20.1564

    Hari minggu adalah hari yang paling ditunggu oleh sebagian besar orang. Yang merasa lelah bekerja dari pagi hingga malam cobalah memaksimalkan hari minggu dengan beberapa cara adalah sekalipun libur cobalah untuk bangun lebih awal, jika anda punya hobi maka lakukanlah di hari minggu dan temukan hobi baru anda, masukkan olahraga dalam agenda wajib, pergi mengunjungi tempat wisata, tutuplah hari minggu anda dengan menuliskan cerita 1 hari penuh dalam jurnal anda. (Jon/MEDISO/Infomefan.net)

    Sumber: http://www.google.com/search?sclient=budaya +libur+hari+minggu+dengan+kesehatan+tubuh

    Suka

  3. Nama : LAILA MAULIDA
    NIM : 11.20.1572
    Kelas : A
    Semester : 8
    “ Budaya libur dihari minggu dengan konteknya dengan kesehatan ’’

    Hari minggu adalah hari yang paling ditunggu – tunggu oleh sebagian besar orang Indonesia,karena kebanyakan di manfaatkan untuk bermalas-malas. Menurut J.Bock dan Boyette ( Stay Young The Melatonim Way,1995 ) tidur melebihi kebutuhan sebagaimana sering dilakukan pada hari minggu,akan mengacaukan produksi hormon Melatonim yang efeknya akan mempengaruhi suasana hati.Selama tidur,kadar Melatonim dalam tubuh akan meningkat tajam. Jadi,sebaiknya pola tidur dan frekuensi tidur antara hari minggu dan hari lainnya tidak berbeda,karena fungsinya untuk menjaga tubuh terasa segar,tidak mudah marah.
    SUMBER : http : // http://www.amazine.com / 2610 tips-tidur-nyenyak-pengaruh-melatonim-pada-siklus-tidur / html

    Suka

  4. Elmina Fatimah (11.20.1718)
    Nani Yuliana (11.20.1745)
    Nia Daniati (11.20.1747)

    berdasarkan riset ahli Prof. Leon Lack dari Flinders University menyimpulkan bahwa kebiasaan bermalas-malasan hari minggu dapat mengganggu ritme tubuh yang menyebabkan tubuh kita menjadi letih ketika mengawali senin. saat itu orang-orang kerap menggunakan waktu luang di akhir pekan untuk “balas dendam” atas kurangnya jam tidur selama seminggu belakangan. Sehingga kita kurang siap menghadapi senin.

    Sumber :
    http://lifestyle.kompasiana.com/urban/2011/03/27/kenapa-orang-benci-hari-senin-352029.html

    Suka

  5. Tugas MK : Ilmu Sosial Dasar (Budaya libur di hari Minggu hubungannya dengan kesehatan)
    Semester : VIII (Delapan)
    Kelas : A
    Nama : Yuli Yuniarti Sundari (11.20.1769)
    Lianti Pertiwi (11.20.1733)
    Fitriani (11.20.1724)

    Hari Minggu adalah hari yang paling ditunggu oleh sebagian besar orang Indonesia. Jika Anda berada di kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Malang dan lainnya, berolahraga di hari Minggu adalah sebuah agenda wajib. Selain menyehatkan badan seperti menguatkan fungsi jantung, meningkatkan sirkulasi darah, membantu menurunkan berat badan, memperkuat tulang ini juga membuat anda bisa merasakan 1 hari tanpa macet. Karena di kota – kota besar saat ini telah disediakan 1 lokasi khusus digunakan untuk berolahraga, yang biasa kita sebut Car Free Day. Olahraga harus selalu ada di dalam agenda hari Minggu, karena di hari ini kesempatan Anda untuk menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.

    Sumber:
    5 Apr 2015 – 11:09am Oleh infoMedan
    Jon/MEBISO/Infomedan.net)
    http://www.manfaatcaramengatasi.com/2014/10/7-manfaat-jogging-bagi-kesehatan.html

    Suka

  6. TUGAS ILMU SOSIAL DASAR
    TENTANG BUDAYA LIBUR DI HARI MINGGU BERHUBUNGAN DENGAN KESEHATAN

    Nama : Maria Makdalena (11.20.1743)
    Musliha (11.20.1580)
    Rabiyati Akhrina (11.20.1560)
    Semeste : VIII ( Delapan)
    Kelas : A

    Kebiasaan pada hari Minggu pagi menjadi hari yang tidak bisa dihindari lagi untuk berolah raga. Dengan banyak pilihan jenis olah raga yang kerap dilakukan, berlari merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan warga Jakarta di hari Minggu. Ya, selain beberapa titik di Jakarta diberlakukan Car Free Day, berlari merupakan olah raga yang mudah dilakukan dan murah. Dan Anda dapat mengajak serta keluarga atau teman untuk bersama-sama berlari pagi di hari Minggu. Semakin populernya olah raga ini, beberapa developer perumahan elite pun berlomba-lomba membangun lintasan lari di sekitar perumahan atau kawasan pemukiman yang sedang dibangun di Jakarta.
    Sumber : http://www.lamudi.co.id/journal/enam-jogging-track-seru-di-jakarta/

    Suka

  7. Nama : Laila Normina
    Nim : 11. 20. 1731
    Semester : VIII

    Budaya Libur Di Hari Minggu Behubungan Dengan Kesehatan

    Akhir pekan sering dihabiskan untuk beristirahat. Beberapa orang memanfaatkannya untuk pergi liburan namun sebagian lagi memilih menghabiskan waktu tidur di rumah. Hindari terlalu banyak tidur saat hari libur karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti mengurangi daya ingat.
    The Journal of the American Geriatrics Society menemukan bahwa orang yang terlalu banyak tidur akan mepengaruhi daya ingat mereka. Usia ingatan mereka dua tahun lebih tua karena tidur berlebihan dari waktu yang disarankan. Kualitas tidur yang didapatkan bukan semakin baik tapi malah bisa memburuk.
    Ketika butuh waktu beristirahat di akhir pekan, tidak harus dihabiskan dengan tidur seharian di rumah.

    Sumber membaca
    http://wolipop.detik.com/read/2015/03/03/094914/2847682/1135/5-masalah-kesehatan-akibat-terlalu-banyak-tidur-di-akhir-pekan
    http://hariansehat.com/bahaya-terlalu-banyak-tidur-bagi-kesehatan/
    http://sehat-secara-alami.blogspot.com/2012/07/bahaya-tidur-secara-berlebihan.html

    Suka

  8. Nama : Ika Purwaningsih (11.20.1729)
    Jenuatusiana (11.20.1730)
    Kelas : A
    Mata Kuliah : Ilmu Sosial Dasar

    Budaya libur dihari minggu berhubungan dengan kesehatan menurut teori !!!!!

    Fenomena Car Free Days
    Fenomena car free day saat ini sedang menjadi budaya di kota-kota besar di Indonesia, pada awalnya kegiatan ini adalah bentuk kampanye peningkatan kualitas udara. Dalam konteks kegiatan budaya (cultural studies), menurut Raymond Williams, budaya mengacu pada proses umum perkembangan intelektual, spiritual dan estetika.
    Ditinjau dari segi kesehatan lingkungan car free days ini memberikan kontribusi pengurangan BBM, dimana apabila pemakaian BBM yang berlebihan akan mengakibatkan effek rumah kaca.
    Dalam teori Berger dan Neuhaus (1977) mengatakan bentuk kampanye seperti car free day memberikan manfaat bagi masyarakat maupun lingkungan, yaitu sebagai hiburan keluarga dihari libur (minggu) dan pengurangan polusi udara akibat penggunaan gas kimia yang berlebihan.

    • Disadur dari www. Gums_kesling.Blogspot.com

    Suka

  9. NAMA :
    1. MAHDALENA : ( 11.20.1578 )
    2. RINA : ( 11.20.1583 )
    3. SHALIHATUL AF’IDAH : ( 11.20.1587 )
    KELAS : A ( smster VIII )

    ‘’ Budaya libur di hari minggu dengan konteksnya dengan kesehatan ‘’
    Kebiasaan Saat Libur yang Bikin Tubuh Jadi Tak Sehat. Akhir pekan atau hari libur seharusnya menjadi waktu yang sehat karena kepenatan dan stres selama hari kerja bisa diredakan dengan cara bersantai atau berkumpul dengan keluarga. Sayangnya, tidak sedikit kebiasaan akhir pekan yang justru bikin tubuh menjadi tidak sehat. agar selalu sehat maka cobalah untuk memaksimalkan hari Minggu dengan beberapa cara di bawah ini:
    1. Sekalipun libur cobalah untuk bangun lebih pagi. Anda bisa merasakan udara segar di hari Minggu , berkeliling lingkungan sekitar rumah.
    2. Jika Anda punya hobi maka lakukanlah di hari Minggu. Buat jadwal Anda untuk bisa melakukan hobi dengan baik. Jika memang ingin Anda bisa melakukannya di luar rumah, mencari tempat yang sepi untuk sekaligus memberikan refleksi pada tubuh Anda.
    3. Masukkan olahraga dalam agenda wajib
    Berolahraga di hari Minggu adalah sebuah agenda wajib. Selain bisa menyehatkan badan walaupun hanya jogging di taman.

    SUMBER :
    http://infomedan.net/ini-dia-cara-menikmati-hari-minggu-lebih-menyenangkan.html
    https://id-id.facebook.com/Punokelah/posts/380272765418191

    Suka

  10. Nama : Nurul Latifah (11.20.1754)
    Semester : VIII (Delapan)
    Kelas : A
    Akhir pekan sering dihabiskan untuk beristirahat. Beberapa orang memanfaatkannya untuk pergi liburan namun sebagian lagi memilih menghabiskan waktu tidur dirumah. Hindari terlalu banyak tidur saat hari libur karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Seperti dikutip dari Female First para peneliti mengatakan, orang yang terlalu banyak tidur akan mempengaruhi daya ingat, beresiko mengalami stroke, tidur berlebihan juga dapat mengakibatkan kesehatan mental lebih buruk, beresiko mengalami diabetes, juga menderita sakit kepala, kecemasan, mudah gelisah, dan tidak nafsu makan.
    http://wolipop.detik.com/read/2015/03/03/094914/2847682/1135/5-masalah-kesehatan-akibat-terlalu-banyak-tidur-di-akhir-pekan

    Suka

  11. LIBURAN memberi kesenangan.
    Fred B. Bryant dan Joseph Verrof, keduanya pakar psikologi positif, sebagai liburan harian. Liburan harian ini penting untuk keseimbangan hidup setiap harinya. Caranya juga mudah. Siapkan waktu sekitar 30 menit per hari untuk memanjakan diri dengan sekadar duduk di teras sambil menikmati secangkir kopi panas, membaca buku favorit, atau membeli jajanan pasar yang sudah lama tidak dicicipi.
    Tulisan ini ditulis oleh Ester Lianawati, psikolog di Paris, dan Yds. Agus Surono. Tulisan ini dimuat di Majalah Intisari edisi Extra November 2013 dengan judul asli Kita Semua Butuh Liburan!
    http://travel.kompas.com/read/2015/01/04/151200327/Pentingnya.Mental.Liburan

    Suka

  12. kebanyakan orang-orang selalu datang ke kantor atau kekampus pagi-pagi dengan perasaan datar, dingin, dan sangat sensitif seperti timbangan elektrik sehingga terkadang sulit untuk mengendalikan emosinya.
    Ternyata ada juga jawaban secara ilmiah, berdasarkan riset ahli Prof. Leon Lack dari Flinders University menyimpulkan bahwa kebiasaan bermalas-malasan hari sabtu dan minggu dapat mengganggu ritme tubuh yang menyebabkan tubuh kita menjadi letih ketika mengawali minggu. saat itu orang-orang kerap menggunakan waktu luang di akhir pekan untuk “balas dendam” atas kurangnya jam tidur selama seminggu belakangan. Sehingga kita kurang siap menghadapi senin.

    http://lifestyle.kompasiana.com/urban/2011/03/27/kenapa-orang-benci-hari-senin-352029.html

    nama : sarwendah
    nim : 11.20.1761
    kelas : A / VIII

    Suka

  13. TRIBUN-BALI.COM – Senin pagi selalu disambut dengan rasa malas dan wajah yang muram. Jangankan untuk memulai percakapan dengan rekan kerja di meja sebelah, tersenyum saja rasanya susah sekali.
    Ternyata kondisi yang demikian ini tak hanya dialami oleh Anda, tapi juga sebagian besar penduduk dunia. Berikut penjelasannya.
    Menurut penelitian yang dilansir The Mirror, senin pagi adalah waktu yang paling menyebalkan, rata-rata, orang tidak akan tersenyum hingga waktu menunjukkan pukul 11.16 pagi.
    Studi yang digelar oleh sebuah produsen makanan, Marmite, menemukan bahwa setengah dari responden mengaku telat sampai di kantor dan hanya produktif bekerja selama tiga setengah jam di hari Senin.
    Untuk menghindari kemuraman di hari Senin pagi, Profesor Alex Gardner menyarankan agar sebelum mulai bekerja, para karyawan berkomunikasi dengan rekan kerja sembari menikmati secangkir kopi dan teh terlebih dulu.
    Sebab, manusia dengan latar belakang nenek moyang yang hidup di gua sangat membutuhkan dukungan dari sesamanya yang memiliki penderitaan serupa.
    Sebab, usai bercengkerama dengan teman atau rekan kerja, kata Gardner, Anda akan merasa lebih baik dan semangat pun kembali terisi. Alhasil, tumpukan kertas kerja di atas meja bisa Anda selesaikan dengan baik dan sesuai tenggat waktu.
    Selain itu, peneliti juga merekomendasikan sejumlah kegiatan yang sebaiknya dilakukan sebelum berangkat kerja.
    Beberapa di antaranya adalah menonton film komedi, berhubungan seks, makan cokelat, merias wajah, dan merencankan liburan untuk akhir pekan mendatang.
    Pada penelitian lain yang digelar pada tahun 2009, ditemukan bahwa hari paling menyebalkan adalah Minggu bukan Senin.
    Studi yang dihelat oleh University of Gothenburg dan Institute for the Study of Labor, menemukan bahwa Minggu adalah hari yang dirasakan sejumlah orang sebagai waktu yang kelam membuat orang tidak produktif.(The Huffington Post)

    Suka

  14. Minggu merupakan warisan kebudayaan Romawi, orang-orang di Romawi beribadah dan menyucikan hari tersebut. Warisan budaya tersebut datang ke Indonesia dibawa oleh Belanda yang merupakan salah satu kekuasaan Romawi. Terlepas dari hakekatnya, hari minggu bagi kita disediakan untuk lepas dari rutinitas yang menyita tenaga, waktu dan pikiran. Libur juga berpengaruh untuk kesehatan yaitu menjaga sel otak. Orang yang tidak memiliki waktu untuk mengistirahatkan otaknya akan terlihat lebih tua, kehilangan konsentrasi, mudah terkena penyakit alzheimer dll. Sedangkan orang yang memiliki waktu lebih untuk libur dapat membuat otak kurang produktif karena ketika libur biasanya otak jarang diasah.

    Sumber:
    http://infokitasaja.blogspot.com
    http://www.klikdokter.com
    http://ffafafi.blogspot.com

    Suka

  15. nama : Muhammad Andrie
    NIM : 11.20.1700
    nama :Sumiran
    NIm : 11.20.1765

    Liburan selalu jadi hal yang dinanti-nanti, apalagi buat yang masih kuliah dan yang sudah bekerja.
    Sejatinya hari libur justru memiliki banyak manfaat lho! Baik itu manfaat untuk kesehatan ataupun manfaat bagi pekerjaan Anda. Dilansir oleh national.deseretnews.com inilah 5 manfaat liburan.
    1. Kesehatan Fisik yang Lebih Baik
    2.Meningkatkan Produktivitas
    3.Hubungan Lebih Dekat Dengan Keluarga / Pasangan
    4.Hubungan Lebih Dekat Dengan Keluarga / Pasangan
    Penelitian oleh University of California Irvine Gregory Hickok mengemukakan bahwa otak memiliki satu ruang untuk menyimpan energi dan kekuatan mental. Dan salah satu hal yang harus Anda lakukan agar otak tetap menyimpan cukup banyak cadangan kekuatan adalah dengan liburan. gunakanlah liburan semaksimal mungkin untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan mental Anda. Karena liburan mampu mengatur ulang pikiran Anda, tidak heran jika liburan akan berpengaruh baik bagi mental.
    5.Perspektif Yang Lebih Fresh

    Sumber : http://www.jnc.co.id/sederet-manfaat-liburan-bagi-kesehatan/http://www.jnc.co.id/sederet-manfaat-liburan-bagi-kesehatan/

    Suka

  16. nama : FATHURRAHIM
    NIM : 11.20.1778
    nama :AGUSTIANOR
    NIM : 11.201709

    Peneliti telah menunjukkan liburan ternyata sangat dianjurkan oleh para dokter karena memiliki pengaruh terhadap peningkatan kesehatan. Berikut manfaat liburan bagi kesehatan
    – Hidup lebih lama
    – Meningkatkan kepuasan hidup
    – Menjaga sel otak
    – Menurunkan ketegangan
    -Memperbaiki kehidupan keluarga

    Suka

  17. Nama ; Elvina sari Nim ; 11.20.1719
    Norbaity Rahmadhani nim : 11.20.1748

    Budaya libur hari minggu berhubungan dengan kesehatan

    Hari minggu biasanya dianggap sebagai hari untuk beristirahat. Tapi, bagi sepertiga masyarakat ,kenyataan yang ada tidak seperti itu. Hampir dua pertiga masyarakat disurvei, dan 65 persen mengatakan kalau dirinya memiliki jadwal yang sangat padat justru dihari Minggu, daripada dihari-hari kerja. Sementara 67 persen mengatakan ‘Sunday Blues’ ingin disingkirkan dibeberapa titik dalam sehari.
    Penelitian disaluran televisi benar-benar menemukan bukan dipakai untuk istirahat tapi sibuk dengan urusan rumah. Rata-rata 3 jam 36 menit dihabiskan menyelesaikan tugas-tugas rumah tangga seperti menyetrika, mencuci, belanja bahan makanan dan bersih-bersih.
    Clare Laycock, Really’s General Manager, mengatakan, “Sudah jelas bahwa terjadinya Sunday blues benar-benar melemparkan bayangan selama akhir pekan untuk banyak orang. “Seperti dilansir Dailymail, Minggu (12/5/2013), hari Minggu biasanya orang menghabiskan waktu untuk:
    2 jam mempersiapkan dan memasak makan siang di hari Minggu
    26 menit makan siang di hari Minggu
    3 jam dan 36 menit untuk melakukan pekerjaan
    2 jam 25 menit menghibur dan jalan-jalan bersama anak-anak.
    Total keseluruhan yang digunakan adalah 8 jam 45 menit.

    Sumber :
    http://brighterlife.co.id/2012/06/13/monday-or-moan-day/?category-ref=how-to-be-happy
    http://www.herworldplus.com/solutions/solutions/solutions-solutions-10-ways-have-happy-monday
    http://www.psychologytoday.com/blog/imperfect-spirituality/201002/happy-monday-probably-not
    http://www.netdoctor.co.uk/healthy-living/wellbeing/ways-to-make-mondays-happy.htm

    Suka

  18. Libur hari minggu memiliki manfaat bagi kesehatan, diantaranya seperti dikutip Health, Minggu (14/11/2013) berpergian saat liburan memiliki banyak manfaat, yaitu:

    1. Menghilangkan Stress

    Studi menunjukan berpergian saat libur membantu mengurangi hormon stress dan bahkan dapat meningkatkan tekanan darah. Membuat tubuh merasa awet muda dan dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

    2. Baik untuk Hati

    Studi menunjukkan bahwa jantung dan hati membutuhkan liburan juga, Framingham Heart Study menunjukkan bahwa perempuan yang mengambil setidaknya delapan kali berpergian saat liburan dalam dua tahun sekali makan dapat menutunkan risiko jantung koroner.Sebanyak 32 persen orang lebih dulu meninggal akibat jantung koroner daripada orang yang melakukan kegiatan wisata.

    http://health.liputan6.com/read/638360/liburan-bersama-keluarga-banyak-manfaatnya-lho

    Suka

  19. Tugas : ILMU SOSIAL DASAR
    Semester : VIII (Delapan)
    Kelas : A
    Nama kelompok : 1. SUGANTIAS MARAHADI (11.20.1764)
    2. M. ARRIS NOHREZA (11.20.1735)
    3. M.NOVAL (11.20.1740)

    KEBUDAYAAN HARI LIBUR DI HARI MINGGU
    YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESEHATAN

    1. Bangun Siang

    Akhir pekan, kegiatan yang wajib dilakukan adalah untuk membalas dendam setelah 5-6 hari kurang tidur. bangun siang diakhir pekan kurang baik untuk kesehatan. karena mengganggu jam biologis tidur berantakan.

    2. Pesta Sampai Larut Malam

    Akhir pekan waktu tepat untuk berpesta sampai lupa waktu. Disebabkan keesokan harinya tidak beraktivitas berat. Dampak bagi kesehatan pesta sampai larut malam malah menghabiskan energy berlebihan. karena tubuh didesain untuk beristirahat di malam hari.

    3. Bermalasan

    Hari libur gemar bermalasan. Tiduran, makan snack, nonton tv tidak lepas saat diakhir pekan. bermalasan membuat tubuh semakin lelah,tidak bersemangat beraktivitas dikeesokan harinya. menyebabkan ungkapan “I Hate Monday”.

    SUMBER :
    http://soulofjakarta.com/mobile/index.php?modul=-yuk-intip-kebiasan-buruk-yang-biasa-dilakukan-saat-akhir-pekan.html&id=NDk1OA==

    http://kliniksehatmu.blogspot.com/2013/07/kebiasaan-saat-libur-yang-bikin-tubuh.html

    Suka

  20. Bahaya Begadang bagi Kesehatan saat libur

    Begadang merupakan kegiatan tidak tidur di waktu malam hari dan sudah bukan kegiatan yang iseng untuk dilakukan apabila libur. Begadang wajib bagi pekerja yang bekerja pada shift malam atau pekerja lembur dan juga bagi seseorang yang menjalankan rutinitas setiap malam hari, seperti mengerjakan tugas atau ngopi bersama kawan sampai larut malam. Sehingga mengakibatkan waktu tidur menjadi kurang dan bisa juga memicu terjadinya insomnia atau sulit tidur. Tidur di waktu malam hari paling baik adalah kurang dari 8 jam. Di waktu inilah pikiran dan organ tubuh diistirahatkan dari rutinitas di siang hari.

    http://www.kesehatanpedia.com/2014/12/bahaya-begadang-sampai-pagi-terlalu-sering-kesehatan.html

    Suka

  21. Nama: AHMAD RIZKY DJAMALUDIN
    Nim : 11.20.1703
    smstr: VIII

    Setiap hari minggu dan hari libur banyak warga masyarakat, tidak memandang tingkatan usia maupun status sosial melakukan aktivitas fisik (olahraga), seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, berenang dan lainnya.Agar kesehatan tetap terjaga dan Memiliki jasmani yang bugar.
    Adapun pengertian kesehatan jasmani menurut :
    Sadoso Sumosardjuno (1989 : 9) mendefinisikan Kesegaran Jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari dengan gampang, tanpa merasa lelah yang berlebihan, serta masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan untuk keperluan-keperluan mendadak.
    Berdasarkan definisi di atas, kesehatan jasmani adalah keadaan yang bugar dari tubuh/ fisik kita yang memberikan kemampuan untuk menjalani segala aktifitas sehari-hari, tanpa rasa lelah yang berarti , sekalipun dalam kesibukan yang padat.
    Menurut Joko Pekik Irianto (2006: 2-3) kebugaran dapat digolongkan menjadi 3 kelompok, yaitu:
    (1) Kebugaran statis,
    (2) Kebugaran dinamis,
    (3) Kebugaran motoris.
    (Corbin, C.B, Le Masurier, G.C, Lambdin, D.D). Kebugaran jasmani adalah kombinasi dari beberapa aspek bukan hanya satu karakteristik. Orang yang bugar paling tidak memiliki tingkatan yang akurat dalam hal komponen-komponen kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan (Corbin C.B, Lindsey, R).Menurut Corbin, C.B. dan Lindsey, R. Kebugaran jasmani terdiri atas 11 bagian, 5 bagian berhubungan dengan kesehatan
    Kebugaran jasmani yang berhubungan dengan kesehatan meliputi:
    a. Kebugaran kardiovaskuler (Cardiovascular fitness).
    b. Kekuatan (Strength).
    c. Daya tahan otot (Mascular endurance).
    d. Kelentukan (Flexibility).
    e. Lemak tubuh (Body fatnees)
    Giam , C.K. dan Teh, K.C. yang dikutip oleh Hartono Satmoko (1993: 9) menyatakan bahwa kebugaran yaitu :
    Kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan, meliputi:
    (a) kebugaran jantung-paru-peredaran darah,
    (b) lemak tubuh,
    (c) kekuatan otot
    (d) kelenturan sendi.

    http://bpi-uinsuskariau3.blogspot.com/2010/12/pengertian-kesehatan-mental-dan-konsep.html

    http://www.buahuntukdiet.com/pengertian-pola-hidup-sehat.html

    http://www.pustakasekolah.com/pengertian-kesehatan-jasmani.html

    http://www.kowelanaku.com/search/label/manfaat%20buah-buahan

    Suka

  22. Nama : Muhammad Febriyani ( 11.20.1738 ) Dan Farid Al Hafiz ( 11.20.1722 ) Kelas ; A

    Pengertian Kebugaran Jasmani
    Memiliki jasmani yang bugar merupakan impian setiap orang, baik anak anak, remaja, dewasa, maupun lanjut usia (lansia). Setiap hari minggu dan hari libur banyak warga masyarakat, tidak memandang tingkatan usia maupun status sosial melakukan aktivitas fisik (olahraga), seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, berenang dan lainnya. Walaupun sebagian besar dari mereka banyak yang kurang mengetahui atau memahami prinsip-prinsip latihan yang benar, tetapi mereka menyadari bahwa memiliki kebugaran jasmani yang baik merupakan kebutuhan.
    Sadoso Sumosardjuno (1989 : 9) mendefinisikan Kesegaran Jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari dengan gampang, tanpa merasa lelah yang berlebihan, serta masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan untuk keperluan-keperluan mendadak.

    Sumber : http://www.academia.edu/8085757/Pola_Hidup_Sehat

    Suka

  23. Nama: Arief Budiman
    NIM: 11.20.1701
    Kelas/Sem: A/8

    Pola tidur yang baik memang benar akan menjaga tubuh terasa segar terlebih jika kita juga melakukan aktiitas fisik seperti olahraga, olahraga terbukti membuat tubuh memompa tryptophan, asam amino yang meningkatkan level serotonin, hormon yang bisa menurunkan kadar stres. Tak hanya itu, berolahraga juga memicu kenaikan kadar dopamine dan neropinephrine, hormon alami pemicu rasa bahagia.
    Seperti yang dikatakan Suratman (1975) kesegaran jasmani adalah suatu aspek fisik dari kesegaran menyeluruh (total fitness) yang memberi kesanggupan kepada seseorang untuk menjalankan hidup yang produktif dan dapat menyesuaikan pada tiap pembebanan atau stres fisik yang layak.

    Referensi:
    http://www.academia.edu/8085757/Pola_Hidup_Sehat
    http://www.readersdigest.co.id/sehat/olah.tubuh/mau.lebih.bahagia.olahraga.saja/005/003/182

    Suka

  24. Nama : Fatma Susanti (11.20.1723)
    Rizki Aulia (11.20.1710)
    Agustina Ariyanty (11.20.1759)
    Hari Minggu adalah hari yang paling ditunggu oleh sebagian besar orang Indonesia. Jika Anda berada di kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Malang dan lainnya, berolahraga di hari Minggu adalah sebuah agenda wajib. Selain menyehatkan badan seperti menguatkan fungsi jantung, meningkatkan sirkulasi darah, membantu menurunkan berat badan, memperkuat tulang ini juga membuat anda bisa merasakan 1 hari tanpa macet. Karena di kota – kota besar saat ini telah disediakan 1 lokasi khusus digunakan untuk berolahraga, yang biasa kita sebut Car Free Day. Olahraga harus selalu ada di dalam agenda hari Minggu, karena di hari ini kesempatan Anda untuk menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.
    Sumber:
    5 Apr 2015 – 11:09am Oleh infoMedan
    Jon/MEBISO/Infomedan.net)
    http://www.manfaatcaramengatasi.com/2014/10/7-manfaat-jogging-bagi-kesehatan.html

    Suka

  25. LIBURAN memberi kesenangan.
    Fred B. Bryant dan Joseph Verrof, keduanya pakar psikologi positif, sebagai liburan harian. Liburan harian ini penting untuk keseimbangan hidup setiap harinya. Caranya juga mudah. Siapkan waktu sekitar 30 menit per hari untuk memanjakan diri dengan sekadar duduk di teras sambil menikmati secangkir kopi panas, membaca buku favorit, atau membeli jajanan pasar yang sudah lama tidak dicicipi.
    Tulisan ini ditulis oleh Ester Lianawati, psikolog di Paris, dan Yds. Agus Surono. Tulisan ini dimuat di Majalah Intisari edisi Extra November 2013 dengan judul asli Kita Semua Butuh Liburan!
    http://travel.kompas.com/read/2015/01/04/151200327/Pentingnya.Mental.Liburan

    Suka

  26. Nama kelompok : 1. Agus Akbar Nugraha (11.20.1705)
    2. M.Arif Suryadi (11.20.1734)
    3. M.Hendra (11.20.1739)
    Smstr : VIII (A)

    Kebiasaan di hari libur yang memiliki dampak negatif
    Berikut beberapa kebiasaan saat libur yang dapat membuat tubuh tak sehat, karena terlalu santai dan bermalas – malasan :
    1. Begadang
    Begadang sampai larut malam dan kemudian tidur hingga siang hari saat libur bisa membuat badan terasa lebih lelah dan lebih sulit untuk kembali ke jadwal tidur normal saat harus kembali bekerja atau bersekolah. Fenomena yang disebut dengan ‘social jet lag sosial’ ini dapat memberikan efek negatif pada pola tidur. Akibatnya, badan terasa kurang fresh saat harus kembali ke rutinitas.

    2. Terlalu banyak makan
    Tidak sedikit orang makan di luar rumah saat berlibur atau akhir pekan. Ada pula yang melupakan jadwal diet dan makan sembarangan makanan. Akibatnya terjadi sabotase upaya penurunan berat badan dan mengakibatkan asupan kalori berlebih.

    3. Stres di hari Minggu
    Tidak sedikit karyawan yang merasa takut atau cemas sehari sebelum kembali bekerja, yang biasanya disebut ‘sunday blues’. Kondisi ini bisa membuat tingkat stres Anda tinggi di hari Senin, padahal hari libur seharusnya digunakan untuk beristirahat dan rileksasi.

    http://blogmilikkadek.blogspot.com/2013/06/dampak-di-hari-libur-dengan-bermalas.html

    Suka

  27. KELAS : A

    NAMA NIM
    ARIE PRASETIO SARWONO : 11 20 1713
    RENDRA RIDUAN : 11 20 1757
    I GEDE WARTA KUSUMA : 11 20 1728

    Hubunganbudaya libur dihari minggu(tidur) dengan Kesehatan
    a. Tidur
    Tidur merupakan salah satu bentuk istirahat yang baik. Setelah tidur, kondisi tubuh akan menjadi lebih baik dan segar. Di saat tidur, pancaindra kita akan mengalami pengenduran. Otot yang semula tegang akibat digunakan untuk beraktivitas, juga akan mengendur.
    Kebutuhan tidur antara orang satu dengan yang lain berbeda. Anak lebih banyak waktu tidurnya daripada orang dewasa. Mengapa? Karena anak masih berada dalam taraf pertumbuhan.

    http://pendidikanjasmani13.blogspot.com/2012/12/rekreasi-untuk-kesehatan.html

    Suka

  28. Salah satu agenda atau tradisi yang tergambar dalam kerja bakti mungkin hanya di Indonesia. Kerja bakti disebut sebagai budaya yang terjadi di masyarakat karena kerja bakti dilakukan secara berkala atau terus menerus yaitu dilakukan setiap hari libur atau hari minggu yang bergerak di bidang kesehatan, sosial, dan budaya. kerja bakti dapat dilakukan kapan saja. Manfaat bagi kesehatan adalah meminimalisir penyebab terjadinya penyakit, mempererat hubungan silaturrahmi dengan masyarakat, manfaat lainnya dimana tenaga yang dikeluarkan sama dengan mengganti olahraga atau menyehatkan lingkungan, jasmani dan sosial.

    https://ridwan202.wordpress.com/2008/10/16/manusia-sebagai-makhluk-budaya/
    https://zenziko.wordpress.com/2010/03/20/pengertian-manusia-dan-kebudayaan/
    http://muwanmuda.wordpress.com/berbagi-budaya-lokal-pengaruh-budaya-asing-danhubungan-antar-budaya

    Suka

  29. Pola tidur yang baik memang benar akan menjaga tubuh terasa segar terlebih jika kita juga melakukan aktiitas fisik seperti olahraga, olahraga terbukti membuat tubuh memompa tryptophan, asam amino yang meningkatkan level serotonin, hormon yang bisa menurunkan kadar stres. Tak hanya itu, berolahraga juga memicu kenaikan kadar dopamine dan neropinephrine, hormon alami pemicu rasa bahagia.
    Seperti yang dikatakan Suratman (1975) kesegaran jasmani adalah suatu aspek fisik dari kesegaran menyeluruh (total fitness) yang memberi kesanggupan kepada seseorang untuk menjalankan hidup yang produktif dan dapat menyesuaikan pada tiap pembebanan atau stres fisik yang layak.

    Referensi:
    http://www.academia.edu/8085757/Pola_Hidup_Sehat
    http://www.readersdigest.co.id/sehat/olah.tubuh/mau.lebih.bahagia.olahraga.saja/005/003/182

    Suka

  30. Nama : A Shaufi Fahrizal
    Nim : 11.20.1702
    Kelas : A

    Pengalaman di kantor setiap hari senin, orang-orang selalu datang ke kantor pagi-pagi dengan perasaan datar, dingin, dan sangat sensitive. Terkadang sulit untuk mengendalikan emosinya. Setelah dua hari senang-senang menikmati weekend, harus memulai energi baru. Ada yang sengaja sebelum weekend kebanyakan orang menunda pekerjaan hingga Senin. Begitu Senin tiba semua pekerjaan menumpuk. Berdasarkan riset ahli Prof Leon Lack dari Flinders University menyimpulkan bahwa kebiasaan bermalas-malasan hari Sabtu dan Minggu dapat mengganggu ritme tubuh. Akibatnya tubuh kita menjadi letih ketika mengawali pekan ini. Orang-orang kerap menggunakan waktu luang di akhir pekan untuk “balas dendam” atas kurangnya jam tidur selama seminggu belakangan. Sehingga mereka kurang siap menghadapi senin.

    Sumber :
    http://suryamalang.tribunnews.com/2015/01/18/inilah-alasan-ilmiah-kenapa-orang-benci-hari-senin

    Suka

  31. Deni Kurniawan
    Kelas A / Semester 8
    11.20.1715

    Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang menderita obesitas mengalami kesusahan yang lebih besar dalam menanggulangi kendala yang biasa disebut “social jet lag”. Istilah tersebut menjelaskan keadaan dimana penderitanya mengalami kekacauan jam tubuh untuk beraktivitas (waktu untuk bekerja, bersosialisasi, dan beristirahat).

    Social jet lag dapat diukur dari perbedaan pola tidur seseorang di hari-hari kerja dan di akhir minggu, yang juga berarti waktu tidur di hari kerja di akhir minggu atau hari libur.

    Semakin besar perbedaan waktu yang didapat untuk istirahat diantara keduanya, semakin besar sindrom social jet lag yang didapatkan.

    Sumber : Live Science
    http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/03/alasan-mengapa-orang-akan-cenderung-beresiko-obesitas-akibat-daylight-saving-time

    Suka

Komentar ditutup.