Gaya Hidup Terang-Gelap dan Penuaan Dini

Tubuh kita bukan mesin biologis yang akan ‘usang’ sebelum akhirnya dibuang. Tubuh mampu memperbaiki diri secara terus menerus. Selain sel-sel otak, permukaan gigi dan sel telur (wanita), setiap hari sel selalu diperbaiki. Terjadinya penuaan dan kemudian mati, bukan semata-mata disebabkan adanya ‘cacat’ dalam sistem tubuh kita, melainkan sebagai bagian dari sistem kehidupan itu sendiri.

Sejumlah orang mengalami pubertas lebih awal dan sejumlah lainnya lebih lambat. Hal yang sama juga terjadi pada proses penuaan. Di laboratorium, para peneliti menggunakan tes darah untuk mengukur jumlah melatonin yang beredar dalam tubuh. Yaitu hormon yang dihasilkan kelenjar pineal yang berfungsi membantu memperbaiki sel-sel dan sistem-sistem yang rusak akibat paparan racun dan tekanan hidup sehari-hari. Kesimpulanya, produksi melatonin berhubungan dengan ritme gelap-terang, tepatnya ada-tidaknya paparan sinar matahari (bukan cahaya lampu).

Pola gaya hidup dalam rentang pergantian siang-malam, lebih memudahkan tubuh dalam memelihara produksi melatonin, sehingga bisa mencegah terjadinya proses penuaan lebih awal (penuaan dini). Fenomena yang tampak, khususnya di kota-kota besar, sebagian besar aktivitas di dalam ruangan tanpa peduli ritme waktu siang-malam (terang-gelap). Bahkan dapat dikatakan setiap hari minim atau steril dari paparan sinar matahari.

Sumber : Steven J.Bock, MD & Michael Boyette – Stay Young The Melatonin Way

50 thoughts on “Gaya Hidup Terang-Gelap dan Penuaan Dini”

  1. Nama kelompok : Dewi Sri Kurnia ( 11.20.1622 ) Iyang Gustiana ( 11.20.1940
    Menurut kami penuaan dini bukan hanya disebabkan oleh proses alami tubuh dan sinar matahari.Namun, disebabkan oleh dua faktor,yaitu faktor internal ( genetik dan gangguan tubuh ) dan faktor eksternal ( sinar matahari,polusi udara,stres,kurang olahraga,kurang istirahat,pola makan tidak benar,mengkonsumsi narkoba,minum alkohol dan merokok ).Berdasarkan hasi penelitian menunjukkan bahwa pengaruh faktor internal hanya menyumbang 30 %, sedangkan sisanya yaitu 70 % oleh faktor eksternal. Bukan hanya orang yang bekerja dilapangan yang langsung terpapar sinar matahari yang berisiko cepat terjadinya penuaan dini,Namun orang yang bekerja dikantor sama bersikonya jika memiliki gaya hidup yang tidak sehat (sumber : Liqual.com dan Rumahsakitmitrakemayoran.com )
    Pencegahan penuaan dini seperti ; Hindari paparan sinar matahari secara langsung sebaiknya selalu memakai topi,baju lengan panjang dan sun block.Mengatur pola makan,Hindari polusi,tidak mengkonsumsi narkoba,minum alkohol,merokok.cegah stres,olahraga teratur,cukup tidur, dan konsumsi antioksidan ( Sumber : segar-bugar.tumblr.com )

    Suka

  2. Penuaan dini adalah proses dari penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya sedangkan
    Melatonin adalah hormon yang dihasilkan kelenjar pineal yang berfungsi membantu memperbaiki sel-sel dan sistem-sistem yang rusak akibat paparan racun dan tekanan hidup sehari-hari.
    Para ahli menyimpulkan bahwa produksi melatonin berhubungan dengan ritme gelap-terang, yaitu ada-tidaknya paparan sinar matahari (bukan cahaya lampu). Bagaimana dengan orang yg melakukan aktivitasnya kesehariannya hanya dalam gedung yg steril dari sinar matahari???
    Pasti produksi melatonin org tersebut berpengaruh karena salah satu faktor penyebab penuan dini adalah aktifitas yang lebih dibawah sinar ultra violet ataupun terlalu lama beraktifitas didalam ruangan ber AC, tingkat pengkonsumsian kadar alkohol yang berlebih, minuman yang mengandung kafein (kopi), stress yang berkepanjangan, kurangnya mengkonsumsi buah dan sayuran, kurangnya istirahat, mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi, perokok baik itu aktif maupun pasif, kurangnya olahraga, dan yang paling sering diabaikan oleh kita adalah kurangnya minum air putih. Sedangkan pengaruh sinar matahari yang menahun atau kronis, menyebabkan kerusakan kulit akibat efek fotobiologis sinar UV yang menghasilkan radikal bebas akan menimbulkan kerusakan protein dan asam amino yang merupakan struktur utama kolagen dan elastin, kerusakan pembuluh darah kulit dan menimbulkan pigmentasi kulit. Dimana-mana segala sesuatu yg tidak seimbang akan menyebabkan timbulnya berbagai penyakit yg tidak d’inginkan .
    Solusinya hindari faktor-faktor yg menyebabkan penuaan dini seperti poin diatas..
    Sumber : diakses tanggal 03 april 2015 http://www.irwantoshut.net/penuaan_dini.html

    Nama : kamah oktavia dewi
    NIM : 11.20.1642
    Nama : sri liana
    NIM : 11.20.1685
    Nama : inayatul mukaromah
    NIM : 11.20.1636

    Suka

  3. Kelenjar yang dihasilkan oleh kelenjar pineal ini dulunya tidak terlalu diperhatikan oleh para dokter dan scientist karena dianggap tidak terlalu berperan dalam masalah kesehatan.Namun sejak tahun 1993, dimana seorang ilmuwan di bidang kesehatan terkenal, Walter Pierpaoli mulai membahas dan memperkenalkan satu konsep tentang hubungan melatonin dengan proses penuaan. Sejak saat itulah mulai banyak ilmuwan yang membahas dan meneliti suatu hormon yang bernama Melatonin. Pierpaoli menyatakan bahwa penuaan adalah sebuah program neuroendokrin dalam otak. Sehingga dengan melakukan sinkronisasi tubuh dengan konstan kita dapat mencegah penuaan dini.
    Kelenjar pineal aktif memproduksi hormon Melatonin pada malam hari, memiliki konsentrasi (kadar) yang sangat rendah, sehingga nyaris tidak terdeteksi dengan alat secanggih apapun. Itulah sebabnya mengapa akhirnya hormon yang ternyata penting dan berkemampuan di dalam mengatur ritme kehidupan seseorang ini menjadi tidak dikenali sekalipun oleh para ahli kesehatan. Kadar hormon Melatonin yang sangat kecil ini akhirnya dapat diisolasi dari dalam tubuh, yang kemudian dibuat sintetiknya guna melanjutkan berbagai penelitian tentang manfaat, kerja dan pengaruh keberadaannya di dalam tubuh manusia.
    Ketika kita tidur hormon ini disekresi oleh tubuh. Cahaya menghalangi produksi dan gelap mendorong produksinya. Inilah mengapa kita dapat tidur lebih nyenyak bila lampu kamar dimatikan. Dengan tidur yang cukup ritme biologis kita akan teratur. Dan bila ritme biologis kita teratur maka stamina kita akan tetap terjaga untuk melakukan aktivitas di siang harinya. Melatonin juga berfungsi dalam memelihara kesehatan jantung dengan cara menstabilkan kadar cholesterol di dalam darah. Kadar kolesterol yang stabil menurunkan risiko aterosklerosis dan menurunkan resiko timbulnya ketidakteraturan detak jantung yang biasa timbul pada orang tua. Dan yang paling menarik adalah sekresi melatonin yang baik merupakan anti aging termurah, begitu banyak anti aging mahal berbahan kimia yang dijual di toko-toko. Semuanya menjanjikan namun semua tidak bisa menjamin. Dan akhirnya, kita menyadari bahwa betapa baiknya Allah Swt. menciptakan melatonin yang hanya dengan tidur bisa kita dapatkan, dan tentunya gratis. Di laboratorium Arago, Elodie Magnanou beserta tim peneliti meneliti efek melatonin jangka panjang terhadap mamalia kecil yaitu tikus kesturi, seekor mamalia pemakan serangga di kala malam. Pada kondisi normal, hewan ini akan menunjukkan tanda penuaan pada usia 12 bulan. Tanda penuaan yang pertama kali diperlihatkan adalah hilangnya irama sirkadian di dalam aktivitas sehari-harinya. Dengan memberikan melatonin dalam jumlah kecil sebelum tikus ini mencapai usia 12 bulan, tanda pertama penuaan tertunda minimal selama 3 bulan. Akhirnya kita tahu bahwa berkah dari suatu malam dapat kita rasakan melalui tidur. Bayangkan bila bumi ini tidak berotasi. Tidak ada malam yang menggantikan siang. Maka kita tidak akan memperoleh kegelapan yang bermanfaat karena hormone melatonin tidak dapat disekresi.
    Reperensi : http://loverunningpalestine.blogspot.com/2010/07/malam-sebagai-pakaianmu-tidur-sebagai.html

    Berikut ini adalah upaya-upaya/solusi pencegahan penuaan dini:.
    Mengkonsumsi produk dari bahan kacang kedelai (tahu, tempe, susu kacang kedelai), kurma dan minum teh yang berasal dari biji adas sebagai sumber estrogen alami.
    Minum air putih paling sedikit 2,5 liter perhari untuk menjaga kelembaban kulit dan kurangi konsumsi kopi dan soft drink.
    Minum teh hijau minimal 2 cangkir sehari, karena mengandung antioksidan yang lebih paten.
    Mengkonsumsi suplemen antioksidan seperti vitamin A (betakarotin), vitamin C, vitamin E, vitamin B-kompleks dan beberapa mineral seperti selenium seng.
    Lakukan olah raga yang dapat menggerakkan sebagian otot di tubuh seperti jalan cepat, jogging, senam aerobik, berenang minimal 3 kali seminggu. Hal ini dapat melancarkan aliran darah/getah bening, sehingga asupan nutrisi dan oksigen pada sel-sel lebih baik serta mempercepat pembentukan sel-sel kulit yang baru.
    Repernsi : http://merywintari.blogspot.com/2012/04/penuaan-aging.html

    Suka

  4. Nama: Meylani Emilia Sandy
    NIM: 11. 20. 1657
    Kelas: B
    Semester: VIII (delapan)
    Prodi: keperawatan

    Malam yang gelap diam-diam berkolaborasi dengan tubuh. Hanya dalam keadaan yang benar-benar gelap tubuh menghasilkan melantonin, salah satu hormon dalam sistem kekebalan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Sebaliknya, tidur dengan lampu menyala di malam hari, sekecil apa pun sinarnya menyebabkan produksi hormon melantonin terhenti.
    Biolog Joan Roberts menemukan rahasia ini setelah melakukan percobaan pada hewan. Ketika hewan diberi cahaya buatan pada malam hari, melantoninnya menurun dan sistem kekebalan tubuhnya melemah. Rupanya, cahaya lampu seperti juga TV menyebabkan hormon menjadi sangat lelah.
    Oleh karena itu, selain menghemat energi, dengan mematikan lampu ketika tidur merupakan cara alami untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

    sumber: http://www.balipost.co.id

    Suka

  5. Saya setuju sekali dengan masalah ritme gelap-terang saya setuju sekali, di katakan di health.com masalah early aging, saya kutip dari artikel 7 Ways You’re Aging Your Skin : “The sun is the primary cause of skin aging,” says Neil Sadick, MD, a New York City–based dermatologist. The sun can reach you on cloudy, rainy, or snowy days as well. Plus, Dr. Sadick adds, “skin-damaging UV rays can penetrate through glass, so you need to apply sun protection even indoors.” Di salah satu artiket di webmd.com dikatakan, kalau ultraviolet akan merusak dari elastic fibers yang tugasnya menjaga kulit tetap kencang.

    Referensi :
    1.health.com : 7 Ways You’re Aging Your Skin (By Jessica Girdwain)
    2.Webmd.com : It’s Not Your Mother’s Skin — Or Is It? (By Matthew Hoffman, MD)

    Suka

  6. KELAS B SEMESTER 8
    NAMA :
    1. ADITIYA RIZAL SAFRIYADY (11. 20. 1797)
    2. MAHMUD RASYID (11.20.1804)
    3. M.FATURRAHIM (11.20.1573)
    “GAYA HIDUP TERANG GELAP DAN PENUAAN DINI”
    SUMBER : m.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat12/08/05/m89pw5-inilah-manfaat-tidur-dalam-suasana-gelap
    http://www.deherba.com/mengetahui-faktor-penyebab-dan-cara-mencegah-penuaan-dini.html

    Diduga faktor hormon melatonin yang banyak ditubuhnya karena penglihatan yang gelap membuatnya punya daya tahan tubuh yang lebih tinggi. Pentingnya tidur malam hari dengan mematikan lampu baru-baru ini juga diteliti oleh para ilmuwandari Inggris dan Israel. Peneliti menemukan ketika cahaya dihidupkan pada malam hari, bisa memicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan
    Pada umumnya, penuaan dini disebabkan oleh adanya dua faktor yakni faktor internal seperti keturunan, kejiwaan, kesehatan, dan daya tahan. Untuk faktor internal ini tentunya tidak bisa dihindari karena merupakan proses alamiah pada manusia. Hal tersebut bisa juga dipicu oleh adanya perubahan hormonal dan tingkat stres

    Suka

  7. Nama Kelompok :
    -Fitrianto ( 11.20.1628 )
    -M. Riswan Yanuardi ( 11.20.1652 )
    -Yulia Elliyanie ( 11.20.1588 )

    KOMENTAR :
    “Hubungan Pola Gaya Hidup Dengan Penuaan Dini”

    Jadi pola gaya hidup tidak akan memberikan pengaruh terhadap penuaan dini karena tidak merupakan faktor penyebab penuaan dini.
    Adapun faktor penyebab penuaan dini seperti sinar matahari, radikal bebas, dan kelembaban udara.

    SARAN :
    Banyak mengkonsumsi sayur dan buah segar, menggunakan bahan yang bisa melembabkan kulit, mengkonsumsi air putih sebanyak-banyak nya minimal 2,5 liter/hari. Memperbanyak teh hijau yang banyak mengandung antioksidan dan melakukan olah raga secara teratur minimal 3 kali seminggu.

    Source : https://www.deherba.com/mengetahui-faktor-penyebab-dan-cara-mencegah-penuaan dini.html
    http://lifqual.com/mencegah-penuaan-dini/

    Suka

  8. NAMA : LISMANIAH
    NIM : 11.20.1646
    KELAS : “B”
    Pola Gaya hidup adalah menurut Kotler (2002, p. 192)adalah pola hidup seseorang di dunia yang iekspresikan dalam aktivitas, minat, dan opininya. Gaya hidup menggambarkan “keseluruhan diri seseorang” dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
    Secara umum dapat diartikan sebagai suatu gaya hidup yang dikenali dengan bagaimana orang menghabiskan waktunya (aktivitas), apa yang penting orang pertimbangkan pada lingkungan (minat), dan apa yang orang pikirkan tentang diri sendiri dan dunia di sekitar (opini). Dan dapat disimpulkan bahwa gaya hidup adalah pola hidup seseorang yang dinyatakan dalam kegiatan, minat dan pendapatnya dalam membelanjakan uangnya dan bagaimana mengalokasikan waktu. Faktor-faktor utama pembentuk gaya hidup dapat dibagi menjadi dua yaitu secara demografis dan psikografis. Faktor demografis misalnya berdasarkan tingkat pendidikan, usia, tingkat penghasilan dan jenis kelamin, sedangkan faktor psikografis lebih kompleks karena indikator penyusunnya dari karakteristik konsumen.
    Sedangkan Penuaan dini adalah Pada umumnya, penuaan dini disebabkan oleh adanya dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah seperti keturunan, kejiwaan, kesehatan, dan daya tahan.
    Penuaan dini adalah proses dari penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya. Banyak orang yang mulai melihat timbulnya kerutan kulit wajah pada usia yang relatif muda, bahkan pada usia awal 20-an. Hal ini biasanya disebabkan berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Untuk faktor internal ini tentunya tidak bisa dihindari karena merupakan proses alamiah pada manusia. Hal tersebut bisa juga dipicu oleh adanya perubahan hormonal dan tingkat stres yang dialami seseorang. Sedangkan untuk faktor Penyebab Penuaan Dini yang disebabkan oleh faktor eksternal antara lain meliputi:
    1.Sinar matahari merupakan faktor eksternal yang cukup memberikan pengaruh signifikan bagi seseorang yang menderita penuaan dini.
    2. Radikal bebas merupakan efek dari adanya polusi lingkungan, pemakaian air yang tercampur dengan bahan-bahan kimia, perubahan cuaca yang ekstrem serta faktor lainnya yang bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan kolagen.
    3. Kelembaban udara
    Ternyata penuaan dini disebabkan juga oleh kelembaban udara yang tidak stabil.
    https://fachritiar.wordpress.com/tag/pengertian-gaya-hidup/
    http://perawatankesehatanwajah.blogspot.com/2013/05/pengertian-penuaan-dini.html

    Suka

  9. Nama : Wita Ermayani
    Nim : 11.20.1697
    Kelas/semester: B/VIII
    Ketika mata menangkap cahaya, kelenjar pineal mengahasilkan serotonin dan sama sekali tidak menghasilkan melatonin. Ketika kegelapan datang, pineal mulai mengubah serotonin menjadi melatonin. Kelenjar pineal tidak menyimpan melatonin yang dihasilkan. Ia memompa hormone ini secara langsung ke dalam aliran darah. Dengan demikian, sepanjang malam kadar melatonin yang relatif tinggi beredar melalui aliran darah menuju setiap bagian tubuh. Jika cahaya dari mata menghentikan produksi pineal, kadar melatonin dalam aliran darah dan jaringan-jaringan menurun dengan segera. Ketika kita muda, sel-sel kita mendapat suntikan besar melatonin setiap malam. Sementara kita bertambah tua, produksi melatonin yang mencapai puncaknya pada malam hari ini menjadi semakin berkurang. Agaknya penyusutan ini merupakan penyebab penuaan sel-sel, dan memungkinkan kerusakan dan pada akhirnya gangguan proses-proses tubuh yang vital. Dengan kata lain, kemunduran fisik akibat usia tua (Suroto, 2012).
    Karena melatonin yang maksimal dapat diperoleh pada malam hari atau ketika terhindar dari cahaya matahari, maka orang yang beraktivitas dibawah sinar matahari langsung tidak akan mendapat suplai melatonin, akibatnya regenerasi tubuh sangat lambat atau maanfaat yang didapat dari melatonin sangat minim. Hal ini yang membuat penuaan dini.
    Sumber: http://agus-suroto.blogspot.com/2012/09/makalah-tentang-melatonin.html

    Suka

  10. Gaya hidup adalah perilaku seseorang yang ditunjukkan dalam aktivitas, minat dan opini khususnya yang berkaitan dengan citra diri untuk merefleksikan status sosialnya.

    http://www.jakartaconsulting.com/art-01-

    Hormon tidur atau melatonin dihambat oleh cahaya dan akan meningkat seiring dengan gelap. Semakin lama terjaga, produksi melatonin akan menurun dan berakibat buruk bagi kesehatan mental dan fisik. Penelitian menunjukkan bahwa penuaan dini berkaitan dengan rendahnya kadar melatonin saat tidur.

    https://titaniaaisyah.wordpress.com/2012/12/05/

    Suka

  11. Komentar :
    Para pekerja di Inggris mi¬salnya, memiliki tubuh yang usianya empat tahun lebih tua dari usianya. Ini terjadi karena pola makan buruk dan kurangnya olahraga. Bukan hanya itu, gaya hidup seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol, dan pesta makan, jika digabungkan dengan stres akan mempercepat penuaan alami tubuh.
    Solusi :
    Cara mencegah penuaan dini semestinya dilakukan sejak usia remaja hingga dewasa. Anda bisa melakukan beberapa cara sederhana agar kulit menjadi terawat dan terhindar dari penuaan dini.
    gaya hidup sehat mempunyai manfaat yang sangat banyak, selain untuk mencegah penuaan, juga dapat mempercepat pemulihan jerawat serta flek bekasnya, dan cara mengatasi kulit kusam.
    Cara Mencegah Penuaan Dini Dengan Gaya Hidup :
    1. Berolahraga
    2. Mencegah terpaan matahari secara langsung
    3. Mengkonsumsi air mineral
    4. Hindari merokok dan minum alkohol
    5. Tidur yang cukup
    6. Jauhi stress
    7. Mengkonsumsi buah-buahan

    Sumber :
    http://dok.joglosemar.co/baca/2014/01/20/cegah-penuaan-dini-dengan-pola-hidup-sehat.html
    http://www.richamorindonesia.com/mencegah-penuaan-dini/

    Nama Kelompok :
     Novitasari Nim : 11.20.1666
     Pitriani Nim : 11.20.1670
     Fauzi Nim : 11.20.16
    Kelas : B

    Suka

  12. Nama : ISNA LIDYA Nim : 11.20.1639 Nama : M. SYAIFULLAH Nim : 11.20.1662 Nama : SUCI RAHAYU Nim : 11.20.1686 Kelas : B berkata:

    Seseorang yang streril dari sinar matahari 24 jam Non-stop akan berpengaruh terhadap produksi hormon melatonin yang berpengaruh terhadap penuaan dini, kulit akan menjadi rusak. Kekenyalan kulit akan menurun, sehingga lebih mudah keriput. Kulit juga lebih mudah gatal dan bersisik . Disarankan solusi untuk masalah tersebut :
    Saat bekerja dikantor yang berventilasi, bukalah jendela, pintu, dan biarkan sinar matahari pagi masuk, karena orang yang mendapat paparan sinar matahari diketahui memiliki kadar melatonin dalam jumlah tinggi. Hormon ini berguna untuk memperbaiki kualitas tidur, dan tidur malam yang berkualitas dalam keadaan gelap/remang juga meningkatkan melatonin dalam tubuh. Jangan lupa perbanyak minum air putih setiap beberapa jam.
    Sumber :
    https://m.facebook.com/CantikTanpaKosmetik/posts/10151327290314259
    http://sidomi.com/327878/8-manfaat-mengagumkan-berjemur-sinar-matahari-pagi/
    http://serpihanfb.mywapblog.com/kelenjar-pineal-yang-gaib.xhtml
    https://www.deherba.com/mengetahui-faktor-penyebab-dan-cara-mencegah-penuaan-dini.html

    Suka

  13. NAMA : ARLIS MAHLUFI N
    NIM : 14.10.2416
    PRODI : KESEHATAN MASYARAKAT
    Penuaan itu sifatnya mutlak. Apalagi dengan gaya hidup terang-gelap yang membuat hormon melatonin menjadi tidak seimbang. Padahal banyak sekali fungi hormon melatonin diantaranya sebagai antioksidan, pengatur jam tidur, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan seksual dan lain-lain. Namun bukan berarti kita tidak dapat memperlambat dan menunda proses penuaan dini. Agar awet muda tetap berjalan sesuai dengan tambahnya usia hidup maka mempertahankan produksi hormon melatonin yang optimal sangat penting dengan pola tidur teratur, pola makan sehat terutama mengkonsumsi vitamin A,C dan E dan menghindari maupun mengelola stres.
    Terimakasih
    Sumber KLIKDOKTER.COM dan jawaban ALAMSYAHNIS siswa SMAN 82 Jakarta syahnis_alam@yahoo.com.

    Suka

  14. NAMA : 1. Fajar Kurniawan (14.20.2427)
    2. Novita Karina (14.20.2456)
    3. Nurlita Ariani (14.20.2457)

    Hormon melatonin tidak akan berproduksi bila tidur menggunakan lampu di malam hari. Alangkah bijaknya untuk membantu metabolisme hormon melatonin tidurlah dalam kegelapan alias matikan lampu sebelum tidur malam.
    Disini kelompok kami menyarankan ada 6 cara yang sederhana dan mudah dilakukan di sekitar kita untuk mencegah penuaan dini:
    1. Hindari sinar matahari langsung
    2. Gunakan krim pelindung sinar matahari (sunscreen atau sunblock)
    3. Jauhi asap rokok
    4. Tidur telentang
    5. Jangan menyipitkan mata
    6. Jangan terlalu sering cuci muka

    Semoga saran dan komentar kami bisa bermanfaat untuk kemajuan Blog Bapak, Terima Kasih

    Sumber :
    http://www.beritasatu.com/gaya-hidup/253886-6-cara-sederhana-cegah-penuaan-dini.html

    http://atmosfir4302.blogspot.com/2013/07/kapan-tubuh-memproduksi-hormon-melatonin.html

    Suka

  15. Hidup sehat merupakan salah hal yang harus kita lakukan di setiap waktu dan kesempatan. Namun, seiring padatnya aktivitas atau pekerjaan yang dikerjakan, banyak diantara kita yang dengan sengaja tidak memperhatikan cara hidup sehat yang benar.
    Setiap orang pasti ingin sehat dan bugar sepanjang waktu, agar mampu melaksanakan segala aktivitas dengan lancar.Jika ingin sehat tentunya kita harus melakukan kebiasaan dan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari penuaan dini. Kita semua tahu bahwa kebiasaan sehat, misalnya tidak merokok, menjaga berat badan ideal, olahraga, makan makanan yang sehat dan banyak lagi kebiasaan sehat lainnya.
    Sumber:
    http://www.amazonberries.net/hidup-sehat-dengan-pola-makan-yang-sehat/

    Suka

  16. Penuaan dini disebabkan oleh dua faktor yaitu pertama faktor internal, seperti keturunan, kesehatan dan daya tahan, serta kejiwaan. Faktor internal merupakan proses alamiah yang tidak mungkin dihindari setiap manusia. Hal ini dapat juga dipicu oleh stres dan perubahan hormonal, dan faktor ini hanya dapat dikurangi efeknya, dengan cara perawatan wajah yang tepat, rutin dan lembut, mengurangi stres serta mencoba hidup santai.
    Penyebab yang kedua adalah faktor eksternal yang meliputi :
    1. Radikal bebas
    2. Sinar matahari
    3. Kelembaban udara

    Sumber: http://www.abenetworkgroup.com/faktor-penyebab-penuaan-dini-dan-tips-pencegahannya/

    Suka

  17. Proses penuaan pada kulit dapat terjadi sesuai usia,tetapi dapat juga terjadi lebih awal pada orang tertentu dan hal ini biasa disebut dengan penuaan dini. Tanda penuaan dini adalah kulit yang terasa lebih kering, permukaan kulit kasar, timbulnya keriput-keriput halus dan kulit yang menjadi tidak elastis.
    Cara mencegah penuaan dini:
    • Mencegah proses penuaan dengan cara mengkonsumsi vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai anti oksidan seperti vitamin E, vitamin C.
    • Mencegah penuaan dini akibat paparan sinar matahari dengan menghindari paparan sinar matahari antara pukul 10.00-15.00.
    • Menghentikan pola hidup tidak sehat seperti merokok, minum alkohol dan hindari stress.
    SUMBER: http://velizalizi.blogspot.com/2014_09_01_archive.html

    Suka

  18. Nama :DEPPY LESTARI
    NIM :14.20.2422
    Semester : II

    Nama:ANITA
    NIM:14.20.2414
    Semester: II

    “Pengaruh paparan sinar matahari berlebih terhadap berdampak pada kulit akan bertambah parah apabila dipengaruhi faktor genetika dan penurunan kadar hormone sehingga memicu terjadinya penuaan dini pada kulit,”kata Dermatolog New York dr Diane Berson.
    Zaman semakin modern banyak orang yang lebih mementingkan pekerjaan di banding kesehatan tanpa mereka sadari dampak yang terjadi jika bekerja di dalam ruangan steril dari paparan sinar matahari sampai 24 jam setiap hari itu akan mengakibatkan kekurangan vitamin D karena jarang terkena paparan sinar matahari,risiko yang dapat terjadi kerapuhan tulang atau osteoporosis dan bisa meningkatkan resiko autisme.

    SUMBER :
    http://anastasya.mywapblog.com/sinar-matahari-bisa-menyebabkan-penuaan.xhtml
    http://m.kompas.com/health/read/2014/07/16/100748523/Bahayanya.Jarang.Terpapar.Sinar

    Suka

  19. Nama : Ariska Rindiyantika Nim : 14.20.2417
    Nama : Norlatifah Nim : 14.20.2455

    Bahaya Jarang Terkena Sinar Matahari Bisa Membuat Kegemukan | Sekitar Kita
    Apa bahayanya jika jarang terkena cahaya matahari?
    Jarang terkena sinar matahari bisa mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan tulang. Bukan hanya itu saja, jarang terkena sinar matahari juga bisa rawan terkena diabetes. Dampak buruk akibat kekurangan vitamin D tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan tulang saja, namun juga sistem metabolisme tubuh terutama sistem metabolisme glukosa dalam tubuh. Jika glukosa dalam tubuh tidak bisa diolah dengan baik, maka akan terjadi kenaikan insulin yang berujung dengan penyakit diabetes.

    Hormon Melatonin
    Waktu dan kualitas tidur Anda dipengaruhi oleh sebuah hormon bernama Melatonin. Melatonin merupakan hormon natural yang diproduksi tubuh untuk mengatur jam tidur biologis manusia. Jika sesuatu menghalangi proses tidur alami manusia, seperti mengubah zona waktu atau mengembangkan gangguan ritme tidur, sejumlah kecil melatonin sintetis, dapat membantu Anda menyesuaikan diri dengan jadwal tidur normal. Melatonin tidak bekerja banyak pada orang-orang yang menderita insomnia hanya karena mereka tidak mengantuk (hyperarousal)
    Sumber:
    http://tentang-kehidupan-dunia.blogspot.com/2015/02/bahaya-jarang-terkena-sinar-matahari.html
    http://meetdoctor.com/article/melatonin-membantu-masalah-tidur

    Suka

  20. Saat proses penuaan berlangsung, sistem tubuh yangtertata rapi dan akurat mulai mengalami kemunduran. Indikasi penuaan terjadi pada fungsi melatonin yang mengkoordinasi irama-irama tubuh. Di dalam tubuh melatonin bertindak sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Lebih kerennya, melatonin disebut sebagai hormon awet muda. Radikal bebas merupakan senyawa yang mengacaukan struktur kimiawi sel-sel hidup. Makanan yang membantu produksi melatonin adalah makanan yang banyak mengandung asam amino tryptophan, kaya yodium, dan sari jeruk. selain itu kita harus banyak melakukan aktivitas yang langsung terkena paparan sinar matahari agar tubuh dapat mempertahankan produksi melatonin yang sangat penting dan mencegah terjadinya proses penuaan dini.

    Komentar : MEGA HARDIYANTI
    NIM : 14.10.2449 KESEHATAN MASYARAKAT
    Sumber : HUBUNGAN KELENJAR PINEAL DAN HORMON MELATONIN. Arumsekartaji.wordpress.com

    Suka

  21. Nama : Marisa Permatasari ( 14.20.2447 )
    Nama : Mariati ( 14.20.2446 )
    Nama : Romi ( 14.20.2468 )

    Tanggapan kami tantang gaya hidup dan penuaan diri –
    Gaya hidup (English: lifestyle) adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya.
    sedangkan penuaan dini tidak dapat dihindari pada setiap orang pasti mengalami kondisi tsb terutama karena faktor usia. orang akan terlihat lebih muda jika mampu melakukan gaya hidup sehat & baik.

    Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Gaya_hidup

    Suka

  22. Nama: M.AMIN QUT’BI
    Nim: 14.20.2441
    Prodi: KEPERAWATAN

    Jawab
    Gaya hidup
    Gaya hidup (English: lifestyle) adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya. Istilah gaya hidup pada awalnya dibuat oleh psikolog Austria , Alfred Adler , pada 1929. Pengertiannya yang lebih luas, sebagaimana dipahami pada hari ini, mulai digunakan sejak 1961.[1]
    Gaya hidup bisa dilihat dari cara berpakaian,kebiasaan, dan lain-lain. Gaya hidup bisa dinilai relatif tergantung penilaian dari orang lain. Gaya hidup juga bisa diijadikan contoh dan juga bisa dijadikan hal tabu. Contoh gaya hidup baik: makan dan istirahat secara teratur, makan makaiadn 4 sehat 5 sempurna dan lain-lain. Contoh gaya hidup tidak baik: berbicara tidak sepatutnya, makan sembaragan dan lain-lain.Kesehatan bergantung pada gaya hidup

    Melatonin
    Melatonin (bahasa Inggris: melatonin, N-acetyl-5-methoxytryptamine) adalah hormon neurotropik dengan gugus antioksidan indolamina,[1] yang disintesis oleh kelenjar pinealyang terletak di dalam otak dari senyawa asam amino triptofan.[2] Melalui pencerapnya, melatonin berperan dalam berbagai proses fisiologis seperti ritme biologis, regulasitekanan darah, onkogenesis, retina, reproduksi, ovarium, sistem kekebalan dan diferensiasi osteoblas.[3] transduksi sinyal pada lintasan melatonin meningkatkan rasio enzimantioksidan seperti superoksida dismutase, peroksidase, glutathion dan meredam enzim prooksidan seperti nitrogen monoksida sintase dan liposigenase
    Sumber:
    http://id.wikipedia.org/wiki/Gaya_hidup
    http://id.wikipedia.org/wiki/Melatonin

    Suka

  23. Nama: Ahmad salehudin 14.20.2410
    Dedy setiadi 14.20.2421
    Hanafiah 14.20.2432

    Smester: II

    GAYA HIDUP SEHAT
    Gaya hidup sehat adalah suatu pilihan sederhana yang sangat tepat untuk dijalankan. Hidup dengan pola makan, pikiran, kebiasaan dan lingkungan yang sehat. Sehat dalam arti kata mendasar adalah segala hal yang kita kerjakan memberikan hasil yang baik bagi tubuh.
    Pengertian Pola Hidup Sehat Menurut Ahli: Menurut Kotler, pola hidup sehat yaitu gambaran dari aktivitas / kegiatan yang di dukung oleh minat, keinginan dan bagaimana pikiran menjalaninya dalam berinteraksi dengan linkungan. Tentunya terhadap hal-hal baik.
    POLA HIDUP SEHAT
    Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dan dijalani untuk mencapai pola hidup sehat, diantaranya adalah konsumsi makanan yang bergizi, olah raga, istirahat, kualitas udara, dan pribadi yang kuat.
    SUMBER
    http://www.yhschurch.com/gaya-hidup-sehat-dan-pola-hidup-sehat/

    Suka

  24. NAMA
    Novia siska firstyani (14202525)
    Yuliatun nisa (14202476)

    Beberapa Tips Awet Muda
    Usia psikologis kita sebagai manusia adalah pengalaman subjektif mengenai seberapa tuakah kita menurut diri sendiri. Sementara usia biologis dapat kita tentukan dengan mengukur beberapa faktor sebagai berikut :
    • Tekanan darah
    • Jumlah lemak dalam tubuh anda
    • Batas indra pendengaran dan penglihatan anda
    • Hormon
    • Kepadatan tulang
    • Ketebalan kulit
    • Tingkat kolesterol
    • Kemampuan gerak

    Dibawah ini ada beberapa tips dan mulailah memutarbalikkan waktu:
    1. Lenyapkan mitos menjadi tua berarti anda menjadi tak berguna
    2. Bersihkan gigi anda secara rutin
    3. Pertahankan sikap positif
    4. Berolahraga
    5. Me-manage stress
    6. Meditasi
    7. Pertahankan kesehatan kulit anda
    Sumber : http://www.akuinginsukses.com/14-tips-untuk-awet-muda/

    Suka

  25. Nama kelompok : Hardiyanti 14.20.2433
    Heny Novia 14.20.2477
    Prodi : S1 KEPERAWATAN ( SEMESTER II)
    STIKES CAHAYA BANGSA BANJARMASIN

    Komentar kami:
    Berdasarkan penelitian jumlah produksi hormon melatonin dapat ditingkatkan dengan melakukan aktivitas yang dapat memperlancar aliran darah dan hormon dari otak ke seluruh tubuh. Melatonin merupakan antioksidan yang lebih reaktif dibandingkan vitamin E atau glutation sehingga lebih efektif mengatai zat radikal yang masuk ke dalam tubuh Sumber ini kami ambil dari: file:///D:/Libraries/Downloads/hormon-melatonin.html

    untuk orang yang menghabiskan waktunya atau melakukan aktivitasnya di dalam gedung selama 24 Jam biarkan sesekali udara dan cahaya masuk ke dalam ruangan ber-AC, Sebaiknya luangkan waktu kita, walau sedikit, untuk berjalan-jalan ke luar ruangan Agar baik bagi tubuh, pikiran juga akan terasa lebih rileks dan fres. Sumber ini kami ambil dari: http://www.balipost.co.id/mediadetail.php?module=detailberitaminggu&kid=24&id=56232

    Suka

  26. hormon melatonin ini sangat membantu manusia dalam melawan penyakit. dan Agar pemproduksian hormone melatonin tetap berlangsung secara seimbang maka, perlu diperhatikan hal-hal yang berhubungan dengannya, misalnya mengatur kembali pola tidur, dan pola makan yang sehat. Pengaturan pola makan yang sehat dapat dilakukan, misalnya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung berbagai macam vitamin dan zat-zat besi ataupn mineral. Seperti betakaroten yang merupakan antioksidan yang kuat. Dengan demikian akan tercipta suatu keseimbangan dan keselarasan diantara mereka.

    nama kel : M.Saprudin (14.20.2442)
    M.Zulkifli (14.20.2445)

    sumber dari agus-suroto.blogspot.com/2012/09/

    Suka

  27. NAMA : Dita Amalia
    NIM : 14.20.2424

    Penyebab penuaan dini bisa jadi disebabkan karena pengaruh genetika, atau karena pengaruh gaya hidup, atau bahkan dipengaruhi kedua-duanya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh genetika hanya menyumbang 30 persen dalam proses penuaan dini. Sedangkan sisanya, yaitu 70 persen disebabkan pengaruh gaya hidup orang tersebut. Menurut Dr. Bambang Dwipayana SpKK, “… secara garis besar, penyebab penuaan dini ada dua. Yakni faktor intrinsik dan ekstrinsik’ Faktor intrinsik lebih banyak dipengaruhi oleh usia dan genetik. Faktor ini secara cepat atau lambat akan dialami oleh semua orang tanpa kecuali. Faktor intrinsik ini biasanya ditentukan oleh ciri-ciri, kulit akan kehilangan kelembapan dan kekenyalan karena daya elastisitas kulit dan kemampuan kulit untuk menahan air sudah berkurang.

    Sumber
    http://lifqual.com/penyebab-penuaan-dini/

    Suka

  28. Oleh : HENNY MULYANI ( 14.20.2435 )
    Terlalu sering terpapar sinar matahari memang bisa menyebabkan penuaan dini. Tetapi menghindari sinar matahari sebenarnya lebih merugikan. Walau bagaimana pun tubuh kita tetap membutuhkan sinar matahari, sinar matahari adalah sumber utama vitamin D. Kekurangan vitamin ini sudah di ketahui akan meningkatkan resiko penyakit jantung serta kanker kulit yang agresif. Tidak pernah tersentuh sinar matahari tidak hanya membuat seseorang akan terlihat seperti seseorang albino, namun kesehatan juga akan terancam. Kita tidak perlu takut dengan sinar matahari manfaatnya bisa kita dapatkan jika di atur secara bijak, tidak hanya sinar matahari, segala hal yang di konsumsi secara berlebihan pasti akan berdampak buruk.
    Sumber :
    http://health.kompas.com/read/2014/07/16/100748523/Bahayanya.Jarang.Terpapar.Sinar.Matahari

    Suka

  29. Nama : Kristiani 14.20.2439
    Nama : Selvi Permata Sari 14.10.2470

    Disini dari kelompok kami ingin menambahkan saran dan komentar diblog bapak mengenai Gaya Hidup Terang Gelap dan Penuaan Dini. Disini kami ingin menambahkan ada 10 cara ampuh agar mencegah penuaan dini,yaitu:
    1) Minum banyak air
    2) Cukup Tidur
    3) Gunakan Krim Malam
    4) Melembapkan(Mengoleskan pelembab pada kulit setelah mandi)
    5) Rajin Membersihkan Kulit
    6) Natural(Seperti menggunakan bahan-bahan alami pada wajah)
    7) Makanan Kaya Antioksidan
    8) Menarik Kulit Wajah keAtas Saat Menggunakan Krim Wajah
    9) Hindari Kebiasaan Tidak Sehat(Seperti Merokok atau Minum Kafein)
    10) Mendetosifikasi Tubuh

    http://www.merdeka.com/gaya/10-cara-ampuh-mencegah-penuaan-dini.html

    Suka

  30. Untuk menghilangkan penuaan dini atau menhindari penuaan dini kami bisa memberikan solusi yang baik.
    Salah satu langkah yang bisa menjadi solusi untuk hal ini adalah dengan pola hidup yang sehat. Pola hidup sehat akan memberikan efek tersendiri salah satu manfaat dari pola hidup sehat yaitu menjauhkan anda dari berbagai serangan penyakit. Pola hidup sehat bisa dilakukan dengan cara olahraga yang teratur, istirahat yang cukup, makan makanan sehat dan bergizi serta bernutrisi , menghindari rokok, menghindari minuman beralkohol dan masih lagi. Selain itu mengkonsumsi suplemen yang mempunyai zat anti oksidan sangat baik bagi tubuh dan kesehatan anda.
    Mengapa zat anti oksidan begitu dianjurkan, jawabanya karena zat antioksidan merupakan senyawa-senyawa yang berguna untuk mencegah terjadinya proses oksidasi zat-zat tertentu yang ada didalam tubuh. Tentunya hal ini dibutuhkan oleh tubuh karena dengan alasan sebagai berikut :
    Antioksidan dapat membantu tubuh untuk menghentikan proses perusakan sel akibat adanya radikal bebas di tubuh, dengan cara memberikan elektron kepada radikal bebas. Antioksidan akan menetralisir radikal bebas sehingga tdak mempunyai k’mampuan lagi mencuri elektron dari sel dan DNA, yang selalu melakukan perusakan sel. Yang masuk ke dalam golongan zat ini antara lain vitamin, polipenol, karotin dan mineral.
    Bebebrapa sayuran dan buah buahan dibawah ini bisa membantu anda mencegah penuaan dini karena mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan.
    Vitamin A : 
     Wortel, brokoli, sayur hijau, bayam, labu, hati, kentang, telur, aprikot, mangga, susu dan ikan.
    Vitamin C : 
    Lada/merica, cabe, peterseli, jambu biji, kiwi, brokoli, taoge, kesemek, pepaya, stowberi, jeruk, lemon, bunga kol, bawang putih, anggur, raspberri, jeruk kepruk, bayam, tomat dan nanas.
    Vitamin E : 
    Asparagus, alpukat, buah zaitun, bayam, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak sayur, serat.
    Karotin : 
    Beta karoten, lutein, likopen, wortel, labu, sayur-sayuran hijau, buah-buahan berwarna merah, tomat, rumput laut.
    Polipenol :
    Buah berri, teh, bir, anggur, minyak zaitun, cokelat, kopi, buah kenari, kacang, kulit buah, buah delima dan minuman anggur.

    Suka

  31. Pada dasarnya, penuaan dini ini kerap terjadi
    pada seseorang yang memiliki jenis kulit yang
    kering. Pada jenis kulit kering, kadar sebum
    yang merupakan kandungan minyak untuk
    melindungi kulit dari polusi dan melembabkan
    kulit kadarnya sangat kurang.
    Penuaan dini biasanya terlihat ketika kulit
    terlihat kering, pecah-pecah, bersisik, kasar,
    dan disertai dengan tampak keriput serta
    timbulnya flek dan noda hitam (terutama di
    bagian wajah).

    Faktor Penyebab Penuaan Dini
    Jika Anda tidak ingin mengalami penuaan dini,
    Anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi
    penyebabnya. Pada umumnya, penuaan dini
    disebabkan oleh adanya dua faktor yakni faktor
    internal seperti keturunan, kejiwaan, kesehatan,
    dan daya tahan.

    sumber : https://www​.deherba.com/mengetahui-

    Suka

  32. PERBAIKAN
    NAMA : Rahma Nurjannah 14.20.2460
    Misda Rahmasari 14.20.2451
    SMESTER II
    PRODI S1 KEPERAWATAN
    STIKES CAHAYA BANGSA BANJARMASIN

    Pengertian Gaya Hidup

    Gaya hidup (English: lifestyle) adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya.

    Melatonin
    Melatonin adalah hormon yang diproduksi di kelenjar pineal, sebuah kelenjar kecil di otak, yang membantu mengatur siklus tidur dan bangun. Sejumlah sangat kecil melatonin ditemukan dalam makanan seperti daging, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Biasanya, tingkat melatonin mulai meningkat pada pertengahan sampai larut malam, tetap tinggi untuk sebagian besar malam, dan kemudian menurun pada pagi hari.

    Kelenjar Pineal
    Kelenjar pineal adalah kelenjar endokrin kecil yang terletak di pusat otak antara dua belahan. Dengan mengeluarkan melatonin, kelenjar ini membantu mengatur pola bangun / tidur.

    Sumber:
    http://id.wikipedia.org/wiki/Gaya_hidup
    http://kamuskesehatan.com/arti/melatonin/
    http://kamuskesehatan.com/arti/kelenjar-pineal/

    Suka

  33. Nama : AL FIAN (14.20.2413)
    Semester : II (dua)
    Prodi : Ilmu Keperawatan

    Dua Faktor Penyebab Penuaan Dini

    Penuaan dini disebabkan oleh dua faktor yaitu pertama faktor internal, seperti keturunan, kesehatan dan daya tahan, serta kejiwaan.
    Faktor internal merupakan proses alamiah yang tidak mungkin dihindari setiap manusia. Hal ini dapat juga dipicu oleh stres dan perubahan hormonal, dan faktor ini hanya dapat dikurangi efeknya, dengan cara perawatan wajah yang tepat, rutin dan lembut, mengurangi stres serta mencoba hidup santai.
    Penyebab yang kedua adalah faktor eksternal yang meliputi :
    1. Radikal bebas
    2. Sinar matahari
    3. Kelembaban udara

    Sumber :
    http://www.abenetworkgroup.com/faktor-penyebab-penuaan-dini-dan-tips-pencegahannya/

    Suka

  34. Paparan terhadap sinar UV tidak hanya merusak lapisan epidermis tetapi juga dermis pada lapisan dalam kulit, karena sinar UVA bisa menembus sampai ke dalam lapisan Salah satu ciri-ciri yang paling terlihat pada kulit adalah pembuluh darah pada dermis melebar atau rusak akibat paparan sinar UVA dan akan terlihat pada pipi dan hidung.Setiap orang, terlebih kalangan perempuan, tentunya ingin selalu terlihat muda dan segar. Hal ini dikarenakan, banyak perempuan yang sangat khawatir mengalami penuaan dini.

    Kemudian, disadari atau tidak, kalangan perempuan seakan berlomba-lomba untuk mulai menggunakan produk-produk perawatan kulit atau kosmetika untuk menahan penuaan dini. Namun tak banyak yang mengetahui bagaimana mencegah hal tersebut.
    Berikut tips untuk mencegah penuaan dini seperti dilansir laman times of india.

    1. Berhenti merokok
    2. Hindari sinar matahari secara langsung
    3. Diet sehat
    4. Hindari mengerutkan dahi
    5. Facial massage

    Facial Massage atau memijat dengan lembut di bagian kulit wajah mampu menjauhkan Anda dari penuaan dini.

    http://www.lxedit.co.id/2014/07/07/gunakan-tabir-surya-untuk-menghindari-penuaan-dini-pada-kulit/

    http://www.beritasatu.com/gaya-hidup/250690-atasi-penuaan-dini-dengan-kebiasaan-berikut.html

    Nama: Misnawiyah :11.20.1659
    MIsdawiyah ;11.20.1658
    wahyuni :11.20.1590

    Suka

  35. Nama : Eva yulianti / 14.10.2426
    Nama : Salasiah /14.10.2524
    melatonin berfungsi sebagai antioksida yang dapat menetralkan radikal bebas, dan pengatur jam tidur serta bermanfaat utk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menimbulkan relaksasi otot dan membantu mengontrol mood dan menghilangkan ketegangan. melatonin dapat menghambat peningkatan kolestrol dan menjaga regulasi tekanan darah. karena itu menjaga produksi melatonin agar optimal dengan cara pola tidur teratur, pola makan sehat terutama mengkonsumsi vitamin A,E, dan C dan menghindari stress.
    sumber : kamuslife.com

    Suka

  36. Nama : Florensia G :14.20.2526
    Yeyen yubetris :14.20.2575
    Prodi : S1 Keperawatan

    Disini kami hanya menyarankan untuk lebih bayak memperjelas apa itu penuaan dini..
    Seperti menambahkan penjelasan –penjelasan seperti dibawa ini;
    1. Kulit memiliki fungsi melindungi bagian tubuh dari berbagai macam gangguan dan ransangan luar. Fungsi perlindungan ini terjadi melalui sejumlah mekanisme biologis seperti pembentukan lapisan tanduk secara terus-menerus. Respirasi dan pengaturan suhu tubuh, produksi urap kulit dan keringat serta pembentukan figmen melanin untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ulta violit.
    2. Sebum adalah kandungan minyak yang melembabkan kulit dan milindunginya terhadap polusi. Sebum ini di bentuk oleh kelenjar palit, kelenjar ini terletak pada bagian atas kulit.

    Dua faktor peyebab penuanan dini;
    a) Internal, keturunan, kesehatan dan daya tahan tubuh
    b) Ekternal, sinar mata hari, radikal bebas kelembapan udara

    Dimikian saran yang dapat kami sampaikan bila ada kesalahan kami minta maaf .
    Sumber;http://www.deherba.com/mengtahui-faktor-faktor-penyebab-dan-cara-mencegah-penuaan-dini.htm

    Suka

  37. Penuaan dini biasanya terlihat ketika kulit kering, pecah-pecah, kasar, dan disertai dengan tampak keriput serta timbulnya flek dan noda hitam (terutama dibagian wajah).
    Jika tidak ingin mengalamai penuaan dini, perlu mengetahui apa saja yang jadi penyebabnya pada umumnya, penuaan dini disebabkan oleh adanya dua faktor yakni internal seperti keturunan, kejiwaan, kesehatan, dan daya tahan.
    Untuk faktor internal ini tentunya tidak bisa dihindari kerena merupakan proses alamiah pada manusia. Hal tersebut bisa juga dipicu oleh adanya perubahan hormonal dan tingkat stres yang dialami seseorang . Sedangkan untuk faktor yg disebabkan oleh faktor eksternal antara lain meliputi.
    -Sinar mata hari: merupakan faktor eksternal yang cukup memberikan pengaruh signifikasi bagi seorang yang menderita penuaan dini.
    -radikal bebas: merupakan efek dari adanya polusi lingkungan.
    -kelembaban udara: ternyata penuaan dini disebabkan juga oleh kelembaban udara yang tidak stabil.

    Sumber: https://www.deherba.com/mengetahui-faktor-penyebab-dan-cara-mencegah-penuaan-dini.html

    Suka

  38. Lamanya orang bekerja diruang yang pencahayaannya kurang baik dan kurang mendapatkan cahaya matahari maka konsentrasi melatonin dalam darah cenderung menurun. Beberapa gaya hidup yang mempercepat proses penuaan: pola makan yang buruk, kekurangan kalsium, merokok, mengkonsumsi alkohol, jarang olahraga, stress, kurang istirahat, sering begadang. Cara mencegah penuaan dini yaitu olahraga teratur, konsumsi air mineral minimal 8 gelas/hari, hindari merokok, alkohol, tidur yang cukup, jauhi stres, konsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan. Sedangkan untuk meningkatkan kadar melatonin, tak ada salahnya berjemur selama 4 jam/hari dari jam 10-12 siang, lalu dilanjutkan lagi dari jam 2-4 sore.
    http://rumuspelajaran.mywapblog.com/bahaya-cahaya-di-tempat-kerja.xhtml
    http://www.richamorindonesia.com/mencegah-penuaan-dini/
    https://www.deherba.com/tidur-apa-manfaat-cahaya-matahari-bagi-istirahat-malam.html

    Kelas_B_Semester_8
    -Isma’ul Nikmah(11.20.1638)
    -Lasmiati(11.20.1644)
    -Rohaniah(11.20.1680)

    Suka

  39. OLEH:
    1.FAUZIAH(14.20.2428)
    2.RAHMIATULFITRIATI(14.10.2462)
    3.PRIDA EKA RAHAYU(14.10.2458 )
    Hormon melatonin disebut juga hormon awet muda karena fungsinya sebagai antioksidan dapat menetralisir radikal bebas dan mencegah penuaan dini. hormon melatonin diproduksi secara alami dikelanjar pineal yang terletak didalam otak. Proses penuaan pada kulit dapat terjadi sesuai usia tetapi dapat juga terjadi lebih awal pada orang tertentu hal ini biasa disebut dengan penuaan dini. Tanda-tanda penuaan dini adalah kulit yang terasa lebih kering, permukaan kulit kasar, timbulnya keriput halus, kulit yang menjadi tidak elastis, munculnya bercak hiperpigmentasi akibat proses pigmentasi pada orang yang rentan seperti timbulnya freckles yaitu bercak coklat dengan batas tegas dan tidak teratur, melisma dan lentigo.
    Sumber: http://www.almansyahnis.com/2013/06/hormon-melatonin.html?m=1
    http://amalulasudira.blogspot.com/2012/05/10 hormon-penting- tubuh-manusia-html
    http://velizaliza.blogspot.com/2014/09/penuaan-pada-kulit.html

    Suka

  40. Sinar matahari adalah
    prioritas utama sebagai sumber kehidupan semua
    makhluk hidup di bumi ini,terutama bagi
    manusia.Ketika bangun di pagi hari disaat cuaca
    yang cerah,
    Terlalu banyak beraktifitas di dalam ruangan menyebabkan seseorang kekurangan paparan sinar matahari, Hal tersebut dapat menyebabkan kurang maksimalnya penyerapan Vitamin D oleh tubuh.Hal ini sesuai dgn penelitian south east asean nutrition survey yg menyatakan bahwa anak indonesia usia 24-59 bulan sebesar 41,4 % sedangkan pd usia 15-12 tahun sebesar 46,7 % .

    Sumber :
    Artikelnya bisa dibaca di health.kompas.com “kekurangan vitamin d di negara yg kaya sinar matahari”
    dokter-online-indonesia.blogspot.com/2015/02/manfaat-pancaran-sinar-matahari-bagi.html

    Suka

  41. Nama : Akhmad kamil (nim 11.20.1608)
    Ahmad Faridh (nim 11.20.1607)
    Muhammad Najamuddin (11.20.1661)
    Semester : VIII
    Pola gaya hidup dengan Penuaan Dini

    KOMENTAR
    Seiring perjalanan usia, proses penuaan pun terus berlangsung, tubuh akan mengalami perubahan-perubahan yang menyebabkan Involusl dan degradasi jaringan. fungsi, organ tubuh pun mulai mengalami kemunduran baik fisik maupun mental.Masa lanjut usia bukanlah masa yang hanya tinggal menunggu vonis alam atau masa yang taklepas dari serangan berbagai penyaklt yang akan mengantarkannya pada kematian. Banyak orang tetap muda dengan cara memperhatikan makanan, olahraga, tidur, hubungannya dengan orang lain dan mampu mengatasi tantangan hidup dengan baik. Oleh karena itu, pada usia 4O tahun, 50 tahun, atau 80 tahun pun tetap dapat menikmati hidup dan tetap merasa muda.Semuanya tergantung pada sikap dan cara Anda menjaga diri sendiri.
    PENDAPAT
    Proses Penuaan
    Ada beberapa teori proses penuaan yang dikembangkan, tetapi dalam bahasan ini, teori radikal babas lebih banyak terkait dalam pengendalian proses penuaan.Teori radikal bebas menerangkan pengaruh suatu elektron bebas yang tidak berpasangan, bersifat sangat reaktif dan tidak stabil. Radikal bebas akan bergabung dengan apa saja yang ada di sekitarnya yang menyebabkan kerusakan sel. Proses inilah yang dapat menyebabkan perubahan-perubahan fisiologis maupun biologis dalam proses penuaan, seperti timbulnya flek dan keriput pada wajah kerontokan rambut, dan lain sebagainya, serta tidak jarang menimbulkan risiko timbulnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung koroner (PJK), kanker, dan lain-lain.Untuk menangkal serangan radikal babas yang yang berbabaya dan merusak tubuh diperlukan senyawa antioksidan yang memiliki kemampuan mengatasi atau menetralisasi radikal babas. Dengan demikian proses penuaan dan serangan berbagai penyakit degeneratif akan bisa dicegah dan dihindari jenis-jenis antioksidan antara lain vitamin A (betakaroten), vitamin B. vitaminC. vitamin E. koenzim Q10. selenium, seng dan mangan.Pemicu Proses Penuaan
    Untuk mendapatkan Kembali masa muda, yang nyaris ditinggalkan atau telah berlalu. bukanlah hal yang tidak mungkin. kita dapat memperpanjang dan menciptakan agar selalu berada dalam wilayah masa muda. Kita tetap bisa energik. sehat. bugar dan bersemangat tanpa merasa lemah dan tanpa harus dililit berbagai penyakit.Rahasia tetap muda terletak pada kapandaian seseorang menyiasati fakto-faktor pemicu proses penuaan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan seseorang menjadi tua. bali faktor yang dapat dikendalikan maupun yang tidak dapat dikendalikan.1. FAKTOR GENETIK2. FAKTOR LINGKUNGAN DAN GAYA HIDUP3. FAKTOR ENDOGENIKSolusiKini banyak cara yang ditawarkan dalam rangka memperlambat proses penuaan, baik berupa produk ataupun terapi. Beberapa di antaranya yaitu sebagai berikut.1. Kosmetik2. Pembedahan3. Pola makan yang baik
    Sumber HYPERLINK “http://l.facebook.com/l.php?u=http%3A%2F%2Fartikelterbaru.com%2F&h=sAQEZduho&s=1” \t “_blank” http://artikelterbaru.com

    Suka

  42. Penuaan dini adalah proses dari penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya. Banyak orang yang mulai melihat timbulnya kerutan kulit wajah pada usia yang relatif muda, bahkan pada usia di awal 20-an. Hal ini biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal, seperti tingkat pengkonsumsian kadar alkohol yang berlebih, minuman yang mengandung kafein (kopi), stress yang berkepanjangan, kurangnya mengkonsumsi buah dan sayuran, kurangnya istirahat, aktifitas yang lebih dibawah sinar ultra violet ataupun terlalu lama beraktifitas didalam ruangan ber AC, mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi, perokok baik itu aktif maupun pasif, kurangnya olahraga, dan yang paling sering diabaikan oleh kita adalah kurangnya minum air putih yang memenuhi standar per hari sebanyak 8 gelas.

    Pengaruh sinar matahari yang menahun atau kronis, menyebabkan kerusakan kulit akibat efek fotobiologis sinar UV yang menghasilkan radikal bebas akan menimbulkan kerusakan protein dan asam amino yang merupakan struktur utama kolagen dan elastin, kerusakan pembuluh darah kulit dan menimbulkan pigmentasi kulit.

    Solusinya?.
    Menjaga kesehatan kulit pada khususnya dan kesehatan tubuh pada umumnya dengan memakan makanan bergizi dan berolah raga secara teratur.

    Pola hidup yang kurang sehat itu membuat tugas liver menjadi berat. Liver adalah organ yang berfungsi menetralkan toksin yang masuk ke dalam tubuh dan membuangnya melalui ginjal berupa air seni dan feses. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh itu penting untuk memelihara kesehatan organ tubuh.

    Sumber : http://www.irwantoshut.net/penuaan_dini.html

    Suka

  43. NAMA : YUNITA INDAH LESTARI (11201698)
    NAMA : WAHIDAH ASTUTI (11201618)
    NAMA : NOVITASARI (10201667)

    JAWABAN KAMI :
    Melatonin merupakan hormon yang memiliki sifat antioksidan yang kuat. Berbagai radikal bebas yang terbentuk dalam tubuh manusia maupun yang didapatkan dari luar tubuh dinetralkan oleh hormon ini. Kurangnya produksi melatonin berefek sama dengan banyaknya radikal bebas terhadap sel-sel tubuh kita dan menyebabkan berbagai penyakit dan tentunya penuaan dini. Penyebab penuaan dini sendiri berasal dari faktor internal dan eksternal, tentunya tentang gaya hidup yang kurang baik, contoh kecil seperti orang yang bekerja pada malam hari ditempat yang terang dan istirahat di siang hari dengan cahaya terang atau kita tidur dimalam hari dengan lampu menyala, dimana fungsi dari melatonin akan terganggu dan berdampak buruk pada sel sel tubuh kita.

    SARAN KAMI :
    1.Mengkonsumsi suplemen antioksidan dapat menjadi jurus untuk menggantikan fungsi melatonin ketika bekerja malam.
    2.Bijaksana dalam mengatur jadwal kerja malam sangat diperlukan bagi kita yang memiliki kewajiban kerja malam. Usahakan tidak melebihi 2 hari dalam seminggu.
    3.Mematikan lampu ketika tidur merupakan kebiasaan yang baik karena selain dapat mengoptimalkan kerja melatonin, kebiasaan ini juga menghemat pengeluaran kita akibat biaya listrik.
    4. mengganti lampu dengan gelombang dan intensitas yang tidak menekan produksi melatonin.

    SUMBER:
    http://afiat-sehatwalafiat.blogspot.com
    http://www.abenetworkgroup.com
    http://www.abenetworkgroup.com

    Suka

  44. Penyebab penuaan dini bisa jadi disebabkan karena (1) Pengaruh genetika dan usia (Intrinsik), kulit akan kehilangan kelembapan dan kekenyalan karena daya elastisitas kulit dan kemampuan kulit untuk menahan air sudah berkurang. (2) Karena pengaruh gaya hidup (Ekstrinsik) Gaya hidup seperti apa yang mempercepat proses penuaan diri? Terlalu banyak makan makanan berlemak dan berkalori tinggi merupakan salah satu penyumbang terhadap terjadinya penuaan diri. Selain itu, stres, kurang istirahat, kurang olahraga, dan juga polusi udara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh genetika hanya menyumbang 30 persen dalam proses penuaan dini. Sedangkan sisanya, yaitu 70 persen disebabkan pengaruh gaya hidup orang tersebut. Sarannya : Gaya hidup sehat (rajin olah raga),Hindari Merokok dan minuman beralkohol,Jauhi radikal bebas. http://lifqual.com/penyebab-penuaan-dini

    Suka

  45. Kiriman ulang tugas Ilmu Sosial Dasar
    Nama : Al Fian (14.20.2413)
    Semester : II (dua)
    Prodi : Ilmu Keperawatan

    Dua Faktor Penyebab Penuaan Dini
    Penuaan dini disebabkan oleh dua faktor yaitu pertama faktor internal, seperti keturunan, kesehatan dan daya tahan, serta kejiwaan.
    Faktor internal merupakan proses alamiah yang tidak mungkin dihindari setiap manusia. Hal ini dapat juga dipicu oleh stres dan perubahan hormonal, dan faktor ini hanya dapat dikurangi efeknya, dengan cara perawatan wajah yang tepat, rutin dan lembut, mengurangi stres serta mencoba hidup santai.
    Penyebab yang kedua adalah faktor eksternal yang meliputi :
    1. Radikal bebas
    2. Sinar matahari
    3. Kelembaban udara

    Sumber :
    http://www.abenetworkgroup.com/faktor-penyebab-penuaan-dini-dan-tips-pencegahannya/

    Suka

  46. Melatonin berperan penting dalam menjaga kesehatan seksual dan meningkatkan efek endorphin yang dihasilkan oleh tubuh dalam mengatasi stress dan rasa sakit, serta turut memicu produksi hormon-hormon prolaktin atau oksitosin dalam produsi ASI, dan sebagainya.Kelebihan hormon melatonin dapat menyebabkan lesu, gangguan hati, gangguan mata, kelelahan, disorientasi, pikiran dan perilaku psikotik, kebingungan, mengantuk, gangguan berbicara, gemetar, sakit kepala dan pusing.Sedangkandefisiensi atau kekurangan hormon melatonin akan menyebabkan kesulitan tidur atau insomnia, tidur tidak nyenyak, pembesaran prostat, depresi, kelelahan, siklus haid tidak teratur, gelisah, sindrom premenstruasi (PMS), katarak, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, gangguan irama jantung (aritmia).  SUMBER;http://kamusq.blogspot.com/2013/06/fungsi-hormon-melatonin.html                      http://amalulasudira.blogspot.com/2012/05/10-hormon-penting-tubuh-manusia.html

    Suka

  47. Perbaikan tugas
    Nama : usup 14.20.2473
    Suprianto 14.20.2471
    Agus sandra 11.20.1708
    semester : 2 dan 8
    Penyebab penuaan dini dan gaya hidup

    Seiring bertambahnya usia, tentu kulit juga akan mengalami penuaan, yang ditandai dengan munculnya keriput dan kekenduran kulit. Maklum, seiring bertambahnya usia, kulit jadi lebih tipis karena produksi serat-serat kolagen dan elastin juga berkurang.
    Namun, karena berbagai faktor, bisa saja kondisi seperti itu muncul lebih dini. Nah, agar itu tidak terjadi pada Anda, lakukan pencegahan. Berikut ini yang bisa dilakukan:
    – Hindari Paparan Sinar Matahari
    Paparan sinar matahari yang berkepanjangan bisa menyebabkan kerusakan kulit yang serius. Para ahli menyarankan penggunaan topi ketika berada di tempat terbuka, seperti pantai, terutama antara 10.00 hingga 15.00. Penggunaan sunscreen (tabir surya) dan kacamata gelap antisinar matahari juga sangat berguna untuk mencegah munculnya lipatan-lipatan di area seputar mata.

    sumber:
    http://nyata.co.id/tips/cantik/cegah-penuaan-dini/

    Suka

  48. faktor yang disebabkan oleh faktor eksternal antara lain meliputi:
    • Sinar matahari
    Sinar matahari merupakan faktor eksternal yang cukup memberikan pengaruh signifikan bagi seseorang yang menderita penuaan dini.
    • Radikal bebas
    Radikal bebas merupakan efek dari adanya polusi lingkungan, pemakaian air yang tercampur dengan bahan-bahan kimia, perubahan cuaca yang ekstrem serta faktor lainnya yang bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan kolagen.
    • Kelembaban udara
    Ternyata penuaan dini disebabkan juga oleh kelembaban udara yang tidak stabil.
    Cara pencegahan
    . menggunakan tabir surya.
    . mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin.
    . menggunakan pelembab di wajah dan body lotion yang tentunya sesuai dengan jenis kulit Anda.

    sumber : https://www.com

    Suka

  49. KOMENTAR
    Seiring perjalanan usia, proses penuaan pun terus berlangsung, tubuh akan mengalami perubahan-perubahan yang menyebabkan Involusl dan degradasi jaringan. fungsi, organ tubuh pun mulai mengalami kemunduran baik fisik maupun mental. Masa lanjut usia bukanlah masa yang hanya tinggal menunggu vonis alam atau masa yang taklepas dari serangan berbagai penyaklt yang akan mengantarkannya pada kematian. Namun, ciptakanlah masa tua yang menyenangkan, produktif, dan energik tanpa harus merasa tua dan tidak berdaya.Tumbuhkan motivasi agar selalu merasa berada di wilayah muda selamanya. Banyak orang tetap muda dengan cara memperhatikan makanan, olahraga, tidur, hubungannya dengan orang lain dan mampu mengatasi tantangan hidup dengan baik. Oleh karena itu, pada usia 4O tahun, 50 tahun, atau 80 tahun pun tetap dapat menikmati hidup dan tetap merasa muda.Semuanya tergantung pada sikap dan cara Anda menjaga diri sendiri sehingga tetap merasa awet muda dibanding usia yang sebenarnya
    PENDAPAT
    A. Proses Penuaan Secara umum, proses penuaan dipahami dari proses pembelahan sel yang merupakan faktor endogenik dan tidak dapat dihentikan.Sel manusia mempunyai masa hidup yang terbatas. Setelah membelah sebanyak 50-100 kali, proses pembelahan sel berhenti. Kultur sel pun menjadi tua (senescene) yang akan menjadikan seseorang mengalami kemunduran, baik fisik maupun mental. Untuk menangkal serangan radikal babas yang yang berbabaya dan merusak tubun diperlukan senyawa antioksidan yang memiliki kemampuan mengatasi atau menetralisasi radikal babas. Dengan demikian proses penuaan dan serangan berbagai penyakit degeneratif akan bisa dicegah dan dihindari jenis-jenis antioksidan antara lain vitamin A (betakaroten), vitamin B. vitaminC. vitamin E. koenzim Q10. selenium, seng dan mangan.
    B. FAKTOR LINGKUNGAN DAN GAYA HIDUP
    Faktor ini berkaitan erat dengan diet dan asupan zat gizi, kebiasaan merokok, minum alkohol dan kafein, tingkat polusi, pendidikan, pendapatan, obat-obatan, penyinaran sinar ultra violet dan sebagainya. Selain itu, sikap lingkungan sosial budaya juga banyak mempengaruhi kondisi kesehatan.

    Suka

  50. Pola gaya hidup dengan Penuaan Dini
    Seiring perjalanan usia, proses penuaan pun terus berlangsung, tubuh akan mengalami perubahan-perubahan yang menyebabkan Involusl dan degradasi jaringan. fungsi, organ tubuh pun mulai mengalami kemunduran baik fisik maupun mental. Masa lanjut usia bukanlah masa yang hanya tinggal menunggu vonis alam atau masa yang taklepas dari serangan berbagai penyaklt yang akan mengantarkannya pada kematian. Namun, ciptakanlah masa tua yang menyenangkan, produktif, dan energik tanpa harus merasa tua dan tidak berdaya.Tumbuhkan motivasi agar selalu merasa berada di wilayah muda selamanya. Banyak orang tetap muda dengan cara memperhatikan makanan, olahraga, tidur, hubungannya dengan orang lain dan mampu mengatasi tantangan hidup dengan baik. Oleh karena itu, pada usia 4O tahun, 50 tahun, atau 80 tahun pun tetap dapat menikmati hidup dan tetap merasa muda.Semuanya tergantung pada sikap dan cara Anda menjaga diri sendiri sehingga tetap merasa awet muda dibanding usia yang sebenarnya
    A. Proses Penuaan Secara umum, proses penuaan dipahami dari proses pembelahan sel yang merupakan faktor endogenik dan tidak dapat dihentikan.Sel manusia mempunyai masa hidup yang terbatas. Setelah membelah sebanyak 50-100 kali, proses pembelahan sel berhenti. Kultur sel pun menjadi tua (senescene) yang akan menjadikan seseorang mengalami kemunduran, baik fisik maupun mental. Untuk menangkal serangan radikal babas yang yang berbabaya dan merusak tubun diperlukan senyawa antioksidan yang memiliki kemampuan mengatasi atau menetralisasi radikal babas. Dengan demikian proses penuaan dan serangan berbagai penyakit degeneratif akan bisa dicegah dan dihindari jenis-jenis antioksidan antara lain vitamin A (betakaroten), vitamin B. vitaminC. vitamin E. koenzim Q10. selenium, dan mangan. B. FAKTOR LINGKUNGAN DAN GAYA HIDUP
    Faktor ini berkaitan erat dengan diet dan asupan zat gizi, kebiasaan merokok, minum alkohol dan kafein, tingkat polusi, pendidikan, pendapatan, obat-obatan, penyinaran sinar ultra violet dan sebagainya. Selain itu, sikap lingkungan sosial budaya juga banyak mempengaruhi kondisi kesehatan.

    Suka

Komentar ditutup.