Pesan Penguasa Kegelapan

Dari balik api yang menjilati udara dingin berkabut datang mengendap. Tanpa basa-basi ia memperkenalkan diri dan berpesan :

Aku adalah bagian integral dari kekuatan gelap. Aku tidak maha tahu, aku hanya mempunyai pendengaran tajam. Siang-malam aku selalu membanting tulang bekerja, menahan penderitaan dengan sabar. Sampai kemudian merasa lega setelah kusaksikan manusia tanpa penyesalan menengadah sambil berucap: “FirmanMu terdengar, tapi imanku goyah”.

Manusia bersemangat mengikat kemuliaan dan kekejian, kebenaran dan tipu daya. Mereka diperbudak ilmu pengetahuan. Tanpa ragu mereka percaya dan membeo begitu saja atas teori tentang benda-benda organik. Padahal apa yang mereka namakan ilmu kimia sebenarnya hanyalah senda gurau, tak ubahnya permainan sulap. Sedangkan ilmu hukum adalah ilmu yang sedang mencar-cari. Dari generasi ke generasi begitu keadaannya, tak pernah beranjak dari tempatnya. Mempelajari ilmu hukum hanya membuat manusia sering berpura-pura mengerti dan tahu. Manusia pun mengira bersekutu dengan setan atau tidak sama saja, toh pada akhirnya akan jatuh pada kebinasaan.

Menurutku, manusia yang sebenarnya adalah mereka yang tak pernah puas dan selalu gelisah. Aku tahu, dipuncak kegelisahannya mereka diam-diam menginginkan kematian, karena jika mati gelisah takkan mampu mencekiknya lagi. Sepanjang hidup, mereka hampir tak pernah menghargai waktu. Padahal waktu seperti pedang, kalau tidak hati-hati kepala mereka bisa terpenggal.

Ketegaskan, dunia ini milikku bersama keruntuhan dan puing-puingnya. Dengan rendah hati, aku mau mengatakan kebenaran sederhana ini. Biarlah hati manusia yang gelap menganggap dunia yang tak lebih merupakan permainan ini, sebagai suatu kesempurnaan yang menyeluruh. Meskipun aku adalah kegelapan, tapi aku juga ibu dari segala cahaya yang mengalir dari benda dan memperindah benda itu. Ikuti aku !

Disadur dari : Faust – Johann Wolfgang von Goethe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s