Mengapa Kita Mimpi Terjatuh ?

Setelah pulas, kita pun masuk ke alam mimpi. Kecuali terbangun, kita tidak bisa membedakan, mana alam mimpi dan mana alam nyata. Freud menyebut mimpi sebagai sebuah proyeksi, sebuah proses eksternalisasi (pengekspresian diri) dari proses internalisasi (penyerapan menjadikan bagian diri). Selain egois, mimpi merupakan gambaran yang berlebihan.

Mimpi cemas merupakan bagian dari fungsi mimpi untuk memenuhi keinginan, dan kecemasan dalam mimpi tersebut merupakan masalah kecemasan (dalam kehidupan nyata) bukan masalah mimpi itu sendiri. Lebih jauh lagi, Freud menjelaskan bahwa kecemasan dalam mimpi merupakan karakter psikoneurotis yang berasal dari kegairahan psikoseksual dimana kecemasan berhubungan dengan libido (hasrat seksual) yang ditekan. Tapi juga bisa berasal dari sumber-sumber somatis (seperti penderita penyakit paru-paru atau jantung yang terkadang sulit bernafas), yang kemudian digunakan untuk membantu memenuhi keinginan-keinginan tertekan (termasuk keinginan bernafas dengan leluasa) di dalam mimpi.

Selain mimpi cemas, tentu kita pernah mimpi terjatuh yang terasa begitu nyata dan mengerikan sebelum akhirnya kita terjaga dan bersyukur karena hanya mimpi. Menurut Freud, mimpi terjatuh dapat dikategorikan sebagai salah satu bentuk kecemasan. Tidak sulit untuk menginterpretasikannya jika mimpi terjatuh terjadi pada wanita karena hampir selalu menerima arti simbolis dari terjatuh, yakni sebagai isyarat untuk memberikan jalan bagi godaan erotis (yang tertahan). Tapi juga bukan berarti mengabaikan kemungkinan berasal dari sumber infantil (masa kanak-kanak) karena hampir semua anak pernah terjatuh dan kemudian diangkat kembali lalu ditimang, atau jika terjatuh dari tempat tidur di waktu malam, diangkat kembali ke tempat tidur oleh orang tua atau pengasuhnya.

Sumber : Sigmund Freud, Kamus Psikoanalisis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s