Menangkal Sihir Kotak Ajaib

Sebagaimana penyelam yang tidak ‘menyaksikan’ air kecuali keluar ke permukaan dan para astronaut  tidak ‘menyaksikan’ bumi kecuali saat berada di luar angkasa, untuk memahami misi tersembunyi dibalik tayangan televisi, tidak mungkin kita peroleh kecuali melepaskan diri dari pengaruh ‘sihir’nya.

Tidak ada keraguan, selain berhasil memberikan kepraktisan, kotak ajaib tersebut juga mengiritasi perasaan. Kemampuannya me-miniaturkan dunia, menyuguhkan realita berlipat ganda membuat bangkrut suasana. Tayangan persitiwa, hiburan, tragedi, atau kekonyolan, hampir tak ada bedanya kecuali hanya dipisahkan jedah waktu iklan. Forum debat calon presiden dan iklan pembersih toilet tersambung dan termampatkan dalam satu titik waktu yang hampir bersamaan. Kisah tragis tuna wisma yang menyentuh hati diaduk dengan tebaran senyum manawan bintang iklan. Ratapan dan sayatan suara biola menyulap tayangan nenek pencari kayu bakar (yang merupakan kegiatan biasa di pedesaan) menjadi tontonan yang terlalu realistis, dramatis dan mengobok-obok perasaan.

Sihir kotak ajaib ini membuat kita kehilangan momentum, spontanitas, dan suasana hati. Secara perlahan dan pasti, kita disugesti menjadi manusia datar, netral, tanpa ekspresi. Tidak lagi terlalu mempermasalahkan realita dan rekaan, fakta atau fiksi, bermakna atau sia-sia. Masa depan negara, kasur busa, dakwah, kriminalitas, gadget, dan bumbu merica, menyatu menjadi  hiburan yang menyenangkan!.

Hanya dengan menjadi pemirsa ‘aneh’ dan ‘asing’, pengaruh sihir kotak ajaib bisa kita tangkal. Kita tidak menyaksikan tayangan televisi kecuali selalu membangun kesadaran bahwa apa yang kita ‘nikmati’ tersebut (apapun nama acaranya), tidak lebih dari sebuah tayangan yang dibuat sedemikian rupa sehingga selain menimbulkan daya pikat yang luar biasa, juga dirancang untuk meraih tujuan tertentu termasuk menghasilkan uang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s