10 Watak Kontradiktif Orang Kreatif

Pernahkah anda memiliki gambaran bahwa orang kreatif adalah rendah hati dan bangga, cenderung menjadi ekstrovert dan introvert, memberontak sekaligus konservatif ?.

Profesor psikologi dan manajemen, Mihaly Csikszentmihalyi mengatakan, ” Saya telah mengabdikan diri selama 30 tahun untuk melakukan penelitian tentang bagaimana orang-orang kreatif hidup dan bekerja, guna memahami proses misterius tentang bagaimana mereka bisa datang dengan ide-ide baru dan hal-hal baru. Jika saya harus mengungkapkan dalam satu kata apa yang membuat kepribadian mereka berbeda dari orang lain, adalah kompleksitas. Mereka menunjukkan kecenderungan pemikiran dan tindakan yang pada kebanyakan orang dipisahkan. Mereka dipenuhi dengan pertentangan ekstrem, bukan menjadi sosok individu, tapi mewakili karakter orang banyak. “

Mihaly menggambarkan sepuluh sifat alami yang saling bertentangan pada diri orang-orang kreatif :

1 . Orang kreatif memiliki kekuatan energi fisik yang besar, tapi mereka juga sering diam dan beristirahat.

Mereka bekerja berjam-jam, dengan konsentrasi yang besar, sambil menjaga kenyamanan, kesegaran dan antusiasme.

2 . Orang kreatif cenderung menjadi cerdas dan naif pada waktu yang sama .

Kondisi ini melibatkan kefasihan, atau kemampuan untuk menghasilkan sejumlah ide besar, fleksibilitas, atau kemampuan untuk beralih dari satu perspektif menuju yang lain, serta orisinalitas dalam mengasosiasikan ide-ide yang tidak biasa.

3. Orang kreatif berperilaku disiplin bercampur main-main, atau mengembangkan sifat bertanggung jawab dan tidak bertanggung jawab.

Dibalik sikap bermain-main tersimpan sebuah kualitas ketabahan , daya tahan , dan ketekunan. Mereka tampil riang tanpa merasa terbebani oleh kebiasaannya bekerja hingga larut malam dimana kebanyakan orang, dengan berbagai alasan, ingin menghindarinya. Menurut Vasari (1550) pelukis Renaisans Paolo Uccello yang mampu berkarya diluar hukum perspektif visual, sering berjalan bolak-balik sepanjang malam sambil bergumam kepada dirinya sendiri : ” Apa sesuatu yang indah adalah perspektif ini ! ” sementara istrinya yang memanggilnya agar kembali ke tempat tidur menemui kegagalan.”

4. Orang kreatif berada antara imajinasi dan fantasy, serta rasa berakar pada kenyataan

Karya seni besar dan penemuan besar membutuhkan lompatan imajinasi ke dalam dunia yang berbeda dengan saat ini .

5 . Orang kreatif cenderung menjadi ekstrovert dan introvert .

Sering kita dapati mereka memilih untuk berada di tengah-tengah orang banyak, dan di lain waktu menikmati kesendirian di pinggir lapangan sambil mengamati apa yang lewat.

6 . Orang kreatif rendah hati dan bangga pada waktu yang sama.

Adalah hal yang luar biasa ketika orang terkenal justru meremehkan diri yang ditunjukkan lewat rasa malu. Namun gejala semacam ini bisa kita jumpai pada diri orang kreatif.

7 . Orang kreatif membebaskan diri dari kungkungan stereotip gender

Ketika dilakukan tes maskulinitas dan femininitas kepada anak-anak muda, berulang kali ditemukan bahwa perempuan kreatif dan berbakat lebih dominan dan tangguh dibandingkan anak perempuan lainnya, sementara laki-laki kreatif lebih sensitif dan kurang agresif dibandingkan rekan-rekan pria mereka .

8 . Orang kreatif memberontak dan konservatif .

Tidak mungkin untuk menjadi kreatif tanpa terlebih dahulu menginternalisasi budaya yang melingkupinya. Sehingga sulit untuk melihat bagaimana seseorang bisa menjadi kreatif tanpa tradisional dan konservatif . Namun, dan pada saat yang sama, orang kratif juga gemar memberontak.

9. Orang kreatif sangat bersemangat dalam bekerja, tetapi juga bisa meninggalkannya begitu saja.

Natalie Davis mengatakan : ” Saya pikir sangat penting untuk menemukan cara melepaskan diri dari apa yang anda tulis , sehingga Anda tidak bisa begitu saja mengindetifikasi diri bahwa Anda termasuk orang tidak dapat menerima kritik dan respon, dan keputusan tersebut adalah bahaya karena memiliki konsekuensi besar terhadap apa yang saya lakukan. Ketika saya menyadari hal itu,  saya berpikir tentang perlunya melepaskan diri dari pekerjaan, dan ternyata itu adalah sesuatu yang benar-benar membantu.”

10. Orang kreatif yang terbuka dan sensitif selalu mengungkapkan penderitaan dan rasa sakit mereka dibalik ketekunannnya dalam bekerja.

Salah satu sifat paling konsisten pada individu yang kreatif  adalah kemampuan untuk menikmati proses penciptaan untuk kepentingan diri sendiri. Tanpa sifat ini, para penyair akan menyerah berjuang guna mendapatkan kesempurnaan dan hanya akan menulis iklan komersial, ekonom yang bekerja di bank di mana mereka bisa mendapatkan penghasilan sekurang-kurangnya dua kali lebih banyak dari pada yang diperoleh  di universitas , dan fisikawan akan berhenti melakukan penelitian dasar dan bergabung laboratorium industri di mana kondisi yang lebih baik dan harapan lebih mudah diprediksi. “

Paradoks atau tidak , paling tidak ada corak dari sifat individu. Seperti yang dikatakan Mihaly, ” individu-individu kreatif yang luar biasa karena kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan hampir semua situasi dan membuat hubungan dengan apa yang ada di tangan untuk mencapai tujuan mereka . Jadi, lebih dari apa pun, apa yang diperlukan untuk menjadi kreatif adalah akal dan keberanian untuk tidak menyerah.”

Disadur dari : http://www.stumbleupon.com/su/1vigLy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s