Seni meminjam buku, diskusi dan membaca ulang

Setelah membaca buku favorit, seorang teman baik menyatakan kepada kita, ” Aku tidak mengerti bagaimana mungkin dua orang bisa menyukai hal yang sama untuk alasan yang berbeda.”

Jika kita berharap terlalu banyak pada orang lain (termasuk teman baik) atas buku favorit, kita hanya menyiapkan diri untuk kecewa. Sikap yang terbaik adalah membiarkan buku mengalir bebas merasuki kehidupan orang lain dan menjadi bagian dari mereka dengan cara apapun yang bisa mereka lakukan.

Ketika berniat menyatukan pandangan dengan pembaca atau peminjam buku favorit, terkadang kita dihadapkan dengan situasi sulit… berdiskusi!. Situasi dimana kita berdiri dengan dinding pendapat, interpretasi dan kesukaan pada buku favorit, harus bersedia kehilangan beberapa batu bata yang retak dan jatuh karena tertumbuk sudut pandang serta alasan berbeda. Bahkan bukan tidak mungkin dinding kita hancur oleh interpretasi berbeda. Kita pun tersungkur bersamanya.

Sikap yang bijak adalah membangun kembali. Pembaca, siapa pun mereka, adalah pemikir dan tugas pemikir adalah membahas dan mempertimbangkan kembali. Dalam sebuah diskusi,  yang paling beruntung adalah mereka yang mau belajar sesuatu dari sudut pandang orang lain. Dinding yang runtuh bisa dibangun kembali. Jika memungkinkan batu bata yang telah runtuh dipasang kembali, memanfaatkan bahan yang tersedia, atau menggunakan bahan yang sama sekali baru yang tercipta dari hasil interaksi kita dengan siapa pun, termasuk mereka yang bertekad meruntuhkan dinding kita.

Disadur : Tumblr – The Art of Lending, Discussing, and Re-reading Books

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s