Sindrom Savant : Kemampuan Luar Biasa Seorang Autis

Tanpa melihat kalender, mampukah anda menentukan hari apa tanggal 15 Maret 2079?. Bisakah anda mengulangi secara verbatim (kata demi kata), berita di koran yang anda baca pagi hari?. Seberapa akurat anda mampu membuat daftar bilangan prima dari 1 sampai 1 miliar?. Hal-hal yang mustahil kita kerjakan tersebut, justru bisa dilakukan oleh seseorang yang mengalami autisme, retardasi mental, atau keduanya!

Mereka yang memiliki kemampuan luar biasa tersebut disebut idiot savant, atau agar tidak terkesan merendahkan sering disebut sindrom savant. Yaitu suatu kondisi mental yang merujuk pada seseorang dengan defisiensi mental yang parah tetapi memiliki beberapa kemampuan mental yang luar biasa. Istilah savant berasal dari bahasa Perancis savair yang artinya “mengetahui”. Prevalensi sindrom savant diantara orang-orang yang mengalami retardasi mental diperkirakan 1 kasus dalam 2000 orang. Diantara sample sebesar 5400 orang penyandang autisme, 531  diantaranya dilaporkan memiliki sindrom savant. Mereka hanya memerlukan waktu satu setengah menit untuk menghitung jumlah detik dari jangka waktu 70 tahun, 17 hari, 12 jam. Fenomena sindrom savant lebih sering terjadi pada laki-laki dengan rasio 6 : 1. Kemampuan luar biasa tersebut cenderung muncul secara tiba-tiba dan dapat hilang juga secara mendadak. Film Rainman yang diperankan Dustin Hoffman serta Mercury Rising yang dibintangi Bruce Willis menceritakan fenomena ini.

Lingkungan yang memperkuat kemampuan savant dan memberi kesempatan untuk latihan dan konsentrasi akan memberi dorongan lebih lanjut pada perkembangan kemampuan yang luar biasa tersebut. Namun, seiring dengan upaya para ahli untuk mengungkap keluarbiasaannya, sindrom savant masih tetap menjadi misteri.

Sumber : Jeffry S. Nevid, Spencer A. Rathus, Baverly Green – Abnormal Psychology in a Changing World 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s