Pelepas Dahaga Eksklusivitas

Semua manusia tinggal bersama di atas bumi dan di bawah kolong langit yang sama. Namun, manusia selalu ingin memandang kehidupan tidak sebagaimana adanya. Cara pandang ini secara eksplisit tercermin pada kegigihannya dalam mengejar dan menumpuk uang, ruang demi mendapatkan perbedaan.

Sejak berangkat dari rumah, di sepanjang jalan, tiba di tempat kerja hingga pulang kembali ke rumah, kita dicecar pesan bahwa di muka bumi ini terdapat kehidupan yang berbeda. Tanpa buang waktu meskipun sekedar untuk menghela nafas, kita melahap setiap ‘hasutan’, baik lewat tayangan TV, baliho, maupun hembusan simbol-simbol kemewahan. Perbedaan yang ditawarkan bukan dalam pengertian perbedaan selera, pilihan atau variasi, tapi perbedaan yang tesrtuktur dimana kemewahan direpresentasikan sebagai simbol supremasi kehidupan sosial (high class).

Lebih dari sekedar keinginan membedakan diri, pelepas dahaga akan eksklusivitas merupakan kompensasi atas kegagalan mewujudkan dunia tersendiri, yaitu adanya sebuah kehidupan yang bukan hanya berbeda, tapi juga terpisah. Karena dengan segala kemewahan yang dimiliki mereka tidak bisa menghendaki lain selain menerima kenyataan harus hidup bersama yang lain di bumi dan langit yang sama.

Untuk meredakan rasa haus akan perbedaan, dibuatlah miniatur dunia sebagai simbol eksklusivitas dan ekspresi kekecewaan simbolik, yaitu pemukiman-pemukiman cluster yang bukan hanya tampil kontras dalam hal kemewahan, tapi juga terkurung tembok tinggi sehingga harapan untuk mendiami dunia tersendiri yang ‘terpisah’ dari yang lainnya terpenuhi, meskipun hanya miniatur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s