Pendidikan dan Kesehatan Setara Sabun Mandi

Praktik komersialisasi saat ini merupakan prinsip fundamental yang melandasi sepak terjang manusia di hampir semua bidang kehidupan, tak terkecuali bidang pendidikan dan kesehatan. Aroma komersialisasi di dua bidang tersebut dapat dicium lewat pengiklanan dan biayanya yang relatif mahal. Kewajaran universal ini tidak murni akibat hukum pasar atau hukum permintaan-penawaran, tapi secara sistematik sengaja dikendalikan oleh simpul-simpul kekuatan ekonomi yang berkolaborasi dengan penguasa.

Kekuasaan para pemiliki modal (kapitalis) menurut Norman Fairclough (1989) bergantung pada kemampuannya mengendalikan negara (bukan pada kekuatan ekonominya). Bagi para kapitalis negara adalah elemen kunci yang ‘wajib’ dikendalikan. Caranya bisa melalui ‘pemaksaan’ (coercion) berupa tekanan dan ancaman, atau melalui persetujuan (consent) sehingga terbentuk masyarakat kapitalis yang melihat praktik kapitalisasi sebagai sesuatu yang universal, umum, dan natural.

Bersamaan dengan upaya pengendalian negara, wilayah ekonomi kapitalis terus diperluas mengisi ruang-ruang kosong yang sebelumnya menjadi pemisah antara bidang ekonomi dengan bidang-bidang lainnya. Hasilnya konsep dan pengertian ‘komoditas’ tidak lagi dimaknai sebatas barang nyata, tapi merasuk ke ‘barang’ yang tak teraba seperti pendidikan dan kesehatan.

Semua diperjual belikan dalam pasar terbuka dalam kemasan dan hasutan iklan sebagaimana layaknya sabun mandi.

Sumber bacaan:  Norman Fairclough, Language and Power

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s