Tiga Syarat Menjadi Dokter Hebat

Diantara beragam jenis pekerjaan yang beresiko, menjadi dokter merupakan profesi yang paling beresiko. Di tengah kesalahan yang begitu gampang terjadi, resikonya bukan hanya akan berdampak kepada diri sendiri, tapi juga bisa berakibat fatal bagi orang yang membutuhkan keahliannya. Lalu, bagaimana seorang dokter yakin bisa menjadi hebat tanpa mengingkari betapa pekerjaannya begitu banyak tantangannya.

Seorang dokter bedah Atul Gawande melalui buku “Better’ menuturkan :

Sebagai seorang dokter, anda menjalaninya dengan berpikir bahwa pekerjaan ini sekedar diagnosis tepat, kecakapan teknis, dan sedikit kemampuan berempati kepada orang. Tapi lantas anda sadari bahwa tidak hanya itu yang diperlukan. Dalam kedokteran, sebagaimana profesi apapun, kita harus bergelut dengan sistem, sumber daya, keadaan orang serta kelemahan-kelemahan kita sendiri. Kita menghadapi masalah yang bermacam-macam dan tak ada habisnya. Namun, entah bagaimana caranya, kita harus tetap maju, makin ahli, makin hebat.

Tiga syarat utama keberhasilan dalam kedokteran, atau dalam usaha apapun yang melibatkan resiko dan tanggung jawab :

  • Yang pertama adalah kecermatan, kebutuhan untuk memberikan perhatian memadai terhadap rincian untuk menghindari kesalahan dan mengatasi rintangan. Kecermatan tampaknya gampang dan remeh. (tinggal perhatikan saja, kan?). Tapi ternyata tidak. Kecermatan amat penting bagi performa dan ternyata sukar dicapai.
  • Tantangan kedua adalah berbuat benar. Kedokteran merupakan profesi yang pada dasarnya manusiawi. Oleh karena itu, kedokteran selalu terusik oleh kelemahan manusia, seperti keserakahan, kesombongan, kebimbangan, kesalahpahaman.
  • Syarat keberhasilan ketiga adalah keluwesan akal, memikirkan hal-hal baru. Keluwesan akal sering disalahpahami. Keluwesan akal bukan perkara kecerdasan tinggi, melainkan sifat. Yang paling dituntut adalah kesediaan mengakui kegagalan, tidak menutup-nutupi kesalahan, dan berubah. Keluwesan akal muncul dari perenungan sengaja, bukan obsesif, atas kegagalan dan usaha terus-menerus untuk mencari pemecahan baru. Sifat-sifat yang sukar diproleh, tapi tidak mustahil.

4 thoughts on “Tiga Syarat Menjadi Dokter Hebat”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s