Memproduksi Suasana Mengingkari Realita

Rumah sakit bukan hotel. Selain pekerja, tidak ada yang ingin tinggal berlama-lama. Namun, dengan perubahan arsitektur, warna, taman, interior dan wewangian, tidak sedikit yang ‘betah’ berlama-lama di rumah sakit, bahkan tanpa ragu ‘ber-rekreasi’ membawa serta anak-anak yang notabene sangat rentan terhadap penyakit.

Produksi suasana lainnya ada pada obat anti nyamuk. Ketika pertama kali diproduksi, barang beracun ini, baik yang semprot maupun bakar, aromanya khas dan menyengat. Sekarang, agak sulit membedakan mana pengharum ruangan mana pembasmi serangga, baunya hampir sama wanginya.

Dalam satu titik waktu yang hampir bersamaan media televisi tidak menyuguhi realita tunggal, tapi berlipat ganda. Berita politik diaduk dengan iklan pembersih toilet. Nenek pencari kayu bakar yang merupakan aktivitas biasa di pedesaan, dimasak menjadi terlalu realistis, dramatis dan mengaduk-aduk emosi. Masa depan negara, kasur busa, dakwah agama, minuman soda, dan bumbu masak, menyatu menjadi satu tontonan.

Jika terbesit pertanyaan, apa yang sesungguhnya terjadi? Jean Baudrillard, menyebut fenomena ini sebagai cara menikmati permainan suasana dan mengingkari realita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s