Ada diam diantara yang bergerak

Ini tentang sebuah kereta, tepatnya kereta kehidupan !.

Ketika roda kereta api berderit bergerak, dengan perlahan dan pasti semua mulai menjauh dari pandangan. Bangku-bangku panjang, tiang-tiang besi, rangka langit-langit, cendela kaca, terpaku membisu sebelum akhirnya hilang ditelan kelebatan tiang listrik, pohon, dan atap rumah.

Sejak kelahirannya ke dunia, setiap anak manusia telah dibekali tiket kereta kehidupan. Di mana pun tempat duduknya,  di gerbong ekonomi, bisnis, atau eksekutif, tak akan mengubah kenyataan bahwa semua penumpang akan tetap berada di kereta yang sama, sampai kemudian turun di stasiun tujuan yang sama, pada waktu yang sama pula.

Sebagaimana semua yang tertinggal hanya bisa diam terpaku mengiringi kepergian kereta,  pada stasiun kehidupan sosial pun mereka yang tertinggal hanya bisa duduk termangu sambil menatap kereta kehidupan bergerak bersama semua kenyamanan dan kelegaan penumpangnya. Dari balik cendela kereta api, tampak wajah-wajah puas menatap keluar dengan pandangan penuh rasa syukur.

Sejak stasiun pemberangkatan hingga stasiun tujuan, tidak ada yang lebih diperhatikan selain berupaya menikmati perjalanan. Ketika didapati semua berjalan sesuai dengan harapan, merekapun mencari posisi badan untuk kemudian bercandan dengan mimpi. Tak ada yang yang terlintas dibenak mereka selain menyusun rencana menyenangkan berikutnya.  Mereka terlalu asyik dengan perjalanannya. Mereka masa bodoh dengan yang selainnya sampai kemudian mereka benar-benar menjadi bodoh, tidak bisa lagi membedakan mana stasiun tujuan,  mana kereta tumpangan. 

Diantara yang bergerak selalu ada yang diam. Diantara kelimpahruahan tersembunyi kefakiran. Hanya di stasiun Mu lah, semua penumpang kereta kehidupan ini akan berhenti beserta barang bawaan dan isi hatinya.

Jum’at, penghujung Juni 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s