Lautan Berwarna dalam Diri Manusia

Lautan adalah tempat berlabuh semua yang mengalir di muka bumi. Tak peduli sepanjang dan seluas apapun sebuah sungai mengalir, pada akhirnya akan jatuh ke dalam pangkuannya. Hidup manusia juga mengalir seperti sungai. Sebelum sampai pada kematian, diri manusia adalah hamparan lautan kesadaran yang siap menampung apa saja yang dialirkan oleh sungai kehidupannya.

Ada kalanya, karena berbagai sebab, aliran hidupnya berlangsung pendek. Dan, ada kalanya pula berlangsung panjang, hingga mencapai sembilan puluh tahun lebih. Esensi kehidupan manusia bukan terletak pada pendek dan panjangnya hidupnya serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.  Tapi, lebih kepada apa yang dialirkan di sepanjang sungai kehidupannya, sehingga terkumpul mewarnai lautan kesadaran manusia.

Apa yang disadari, dipikirkan, dirasakan, disenangi, dilakukan, ditakuti, dinikmati, dikeluhkan, dimakan, diminum, semua mengendap membentuk sidementasi, hingga akhirnya mengkristal mewarnai perilaku seseorang. Apa yang tengah berlangsung saat ini, tak beda jauh dengan apa yang terjadi pada bidang industri. Secara sadar manusia memproduksi limbah perilaku buruk mencemari aliran sungai kehidupannya. Kebiasaan menyenangkan diri dengan cara merusak akal dan moral mengalir dalam urat nadi kesadaran sebelum akhirnya menjadi endapan residu yang berdampak pada kualitas mental maupun fisik.

Seolah-olah manusia secara sengaja memilih menjadi makhluk dikotomis-ironis. Ingin mulia dan terpandang dengan cara menghinakan diri. Mendeklarasikan diri sebagai orang beriman sambil mengumbar kemaksiatan. Sambil merusak diri sendiri manusia mengakui bahwa di sepanjang aliran sungai kehidupannya, selalu tersedia pengetahuan dan kesempatan yang berguna untuk mencipatakan lautan diri yang indah dan berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s