Ilusi dibalik kebohongan

Sigmund Freud pernah mengatakan, tidak ada sesuatupun yang dapat menyimpan rahasia. Jika bibirnya terkunci, ia berbicara dengan ujung-ujung jarinya, pengkhianatan merembes keluar dari setiap pori-porinya.

Jika faktanya seperti itu, berbohong tentu sangatlah sulit kalau tidak bisa disebut tidak mungkin. Sebuah kebohongan sangat mungkin berhasil hanya ketika  komunikasi diartikan sebatas aktivitas verbal semata. Pada tataran yang lebih komprehensif dimana komunikasi diartikan sebagai totalitas semua gejala yang menyertainya, baik verbal maupun non verbal, maka berbohong bukan perkara mudah.

Untuk mengetahui seseorang sedang berbohong atau tidak, menurut Shawn C. Shea (1966) dapat diketahui dari apa yang tersirat di wajahnya serta akivitas non verbal dari leher ke bawah. Gejala-gejala yang berlangsung pada tubuh pembohong cenderung menyingkap apa yang ada dipikirannya. Seperti gerakan tangan akan cenderung menurun bila tidak berbohong dan terjadi sebaliknya bila berbohong. Demikian juga dengan ungkapan kata-katanya, tanpa sadar pembohong cenderung memberikan komentar yang memuji diri atau merendahkan diri melebihi kepatutan. Termasuk terjadinya kesleo lidah atau keceplosan, merupakan rembesan dari apa yang sedang disembunyikan. Shea menyebutkan bahwa kebohongan dapat dideteksi melalui paramessages meliputi :

–       Kata-kata yang diucapkan

–       Nada suara

–       Laju berbicara

–       Intensitas gerakan tangan

–       Ekpspresi muka

Apabila gejala tersebut di atas secara bersamaan dilakukan diluar kelaziman atau kebiasaan seseorang, menjadi indikasi terjadinya kekacauan atau kebohongan.

Dari penjelasan Freud maupun Shea, dapat disimpulkan bahwa sukses berbohong tidak sesederhana yang diperkirakan. Seperti kata pepatah, sepandai-pandai kita menyembunyikannya, bau bangkai pasti akan tercium juga. Kalau terbongkarnya sebuah kebohongan bukan karena waktu, maka keinginan untuk mengubahnya menjadi kebenaran hanyalah ilusi semata.

44 thoughts on “Ilusi dibalik kebohongan”

  1. pembohong suatu perbuatan yg merugikan dirinya dan orang lain.perkataan tidak sesuai dengan perbuatannya. biasanya pembohong lebih banyak bicara. mohon maaf bila ada kesalahan. atas perhatianya terimakasih

    Suka

  2. Saya teringat Kata-kata Ibu Saya sewaktu saya masih Berumur kira2 8 tahunan ” Waktu itu saya lagi d Kamar mandi sedang bersembunyi dan d luar kamar mandi ada Ibu saya, saya berpesan pada Ibu saya ‘ jangan bilang Ibu kalau saya ada d Kamar mandi ‘ Ibu saya Menjawab Kenapa ? Saya sedang Main petak umpet dengan adik oh..oh..ohhh Jadi Ibu disuruh Berbohong ya…!!!! Sejenak saya terdiam tanpa menjawab…eh…nggak Ibu..hehehehee.

    Suka

  3. suatu kebohongan dapat terjadi bila keadaan sgt mendukung untuk berbohong dan kadang juga kebohongan bisa terjadi bila seseorang dalam keadaan terdesak sehingga mengharuskan dia berbohong. Hal itu kadang secara tdk sadar bisa merusak diri sendiri bahkan bisa menyeret orang lain utk juga bertanggung jawab atas perbuatan itu ( kebohongan ). terima kasih

    Suka

  4. kebohongan merupakan perbuatan yg sangat tdk terpuji dan tak ada alasan apapun membenarkan utk berbohong. Karena hal itu bisa berimbas pada rusaknya citra diri pribadi terhadap org lain dan akhirnya org lain tidak akan percaya lagi pd kita. Terima kasih

    Suka

  5. Semua orang mungkin pernah berbohong, apalagi yang menyangkut profesi yang berhubungan dengan orang lain. Misalnya ; seorang perawat , saat akan memberikan suntikan / injeksi pada seorang anak kecil maka untuk membujuk anak tersebut supaya mau disuntik harus dibujuk dengan berbohong, bahwa suntikan itu tidak sakit atau sakitnya cuma sebentar. tapi yang namanya bohong tetap aja bohong tergantung niatnya untuk kebaikan atau tidak. Semoga komentar saya bermanfaat, mohon ijin untuk mengunduh e-book. Trims.

    Suka

  6. Mengatakan sesuatu yang tidak benar kepada orang lain atau bohong bisa membuat orang tersebut munafik. Salah satu contoh bohong dalam kehidupan sehari-hari kita yaitu seperti menerima telpon dan mengatakan bahwa orang yang dituju tidak ada tetapi pada kenyataannya orang itu ada,

    Suka

  7. Berbohong adalah suatu tindakan yang tidak terpuji atau tidak baik tapi dalam hal-hal tertentu berbohong menurut saya boleh boleh saja misalnya sewaktu anak sakit. Dia malas minum obat tapi dengan si ibu berbohong kalau tidak minum obat si anak akan di infus dan dibawa ke RS sedangkan si anak takut di infus dan ke rumah sakit akhirnya dia mau minum obatnya.

    Suka

  8. sebelum saya minta maaf…saya mempunyai dua anak ( perempuan dan laki ),dlm mengamati masalah kebohongan khususnya utk anak yg dilakukannya mengandung sisi baik dan buruk.
    buruk – kebohongan anak dpt memunculkan efek negatif bila kebohongan dilakukan terus berlanjut dan mengarah pd kebohongan yg mengenai hal-hal nyata,misalnya kebiasaan mengambil barang bukan miliknya,tetapi ketika ditanya ia selalu memungkirinya.
    baik- kebohongan yg dilakukan mungkin merupakan gambaran terhadap apa yg dirasakannya.misalnya anak menceritakan ttg seekor ikan yg bernama nemo yg sedih terpisah dgn ayahnya.si anak menceritakan dgn ekpresi yg sedih,bisa jadi cerita tersebut mengisyarakatkan akan perasaan sedihnhya krn merasa terpisah dgn ayahnya.kalau blh bertanya bagaimana mengararahkan/memberikan tanggapan yg tepat u/merubah prilakunya…terimakasih

    Suka

    1. Memang kalau menyangkut nilai baik atau buruk berarti berhubungan dengan ukuran atau parameter yang digunakan. Sikap “diam” dianggap masyarakat Indonesia atau orang Timur pada umumnya sebagai tanda menghormati, tapi di Amerika sikap “diam” bisa dianggap kurang sopan. Demikian juga dengan berbohong yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan tertentu, penilaiannya bisa menjadi relatif, tergantung ukuran yang digunakan. Namun yang pasti, akan lebih baik bila mencari alternatif lain selain berbohong. Terimakasih pak Usman telah berbagi pengalaman, Insyaallah bermanfaat.

      Suka

  9. pada saat saya sekolah kelas 6 sd saya pernah melakukan perbuatan berbohong. ketahuan ibu saya merokok.tapi untuk membela diri saya bilang tidak.

    Suka

    1. Semua anak pada umumnya akan berbuat sama bila mengalami kejadian seperti yang bapak ceritakan, dan itu berarti masih wajar. Karena meskipun berbohong (karena takut kena marah), tapi anak masih menyadari bahwa apa yang dilakukan adalah perbuatan keliru. Yang bahaya bila anak mengaku terus terang tanpa rasa bersalah. terimakasih pak Akhmad telah meluangkan waktu berbagi cerita.

      Suka

  10. kebohongan hampir semua orang pasti pernah melakukannya dengan berbagai cara dan alasan,kebohongan dilakukan manusia karna dipengaruhi oleh akal dan napsu,baik secara sadar dan tidak sadar,baik disengaja maupun tidak disengaja,dan apa bila orang melakukan kebohongan dan dia menyukai kebohongan itu maka diakan melakukan kebohongan yang berantai artinya kebohongan pertama yang dilakukannya akan menimbulkan kebohongan yang lain untuk menutupi kebohongan yang pertama,misalnya seorang cowok suka sama ayu padahal ia sudah punya istri malah ngaku bujangan bohongga tuh,takut ketahuan si Ayu dia ngasih alamat palsu mampus dah si Ayu sampai sekarang masih nyari alamat tu cowok , kasian si Ayu,,,keman keman kemanaaaaaaaa,,,,

    Suka

  11. Tuhan…

    andaikan aku punya pilihan lebih dari satu

    biarkan aku melihatnya bahagia

    Tuhan..

    andai aku mampu tuk berucap

    biarkan aku miminta kebaikan untuk nya

    Tuhan…

    ijinkan semua berjalan apa ada nya

    tanpa ada kebohongan lagi

    mungkin karna sudah cukup waktu

    yang telah aku habiskan untuk kesabaran ini

    Tuhan…

    berikan aku pilihan kedua

    agar aku punya kesempatan melihat tawa dari bibirnya

    meski aku tau

    tawanya bukan lagi untuk ku

    Baca juga Puisi :

    Tuhan ..jangan ambil nyawanya
    tuhan siapa yang engkau ciptakan
    Musik memberiku harapan
    biarkan berjalan apa adanya
    Cinta Yang Tak Pasti
    Hope So Bad
    Untuk Tuhan
    Untuk mu, sebuah Masa Lalu
    Berharap.. ^.^
    Andai Kubisa Teriak

    NAMA : ARIYANTO
    NIM : 09201278:
    STIKES CAHAYA BANGSA BANJARMASIN
    EMAIL :ananggutuh @gmail.com

    Suka

  12. Dingin malam ini
    sampai kedalam hati
    membuatku ingin
    merasakan kehangatan-MU
    namun tubuh kasar ini
    tak mau kuajak membubung tinggi
    ke pangkuan-MU
    dan dosaku yang menumpuk
    membuatku terdiam
    aku hanya manusia
    berlumur dosa
    mungkinkah aku dapat menemui-MU
    dada ini telah sesak
    dengan harapan untuk dapat
    bersatu dengan-MU
    dan bernaung dalam ridho-MU
    tiap langkah yang kubuat
    semuanya hanya sia-sia belaka
    bila itu membuatku
    semakin menjauh dari-MU
    di sisa usiaku yang terus berkurang
    ku hanya bisa mengangkat kedua tangan ini
    untuk memohon pada-Mu
    berilah aku jalan untuk dapat menemui-MU
    tolong jangan biarkan hidupku
    dalam kesia-siaan
    NAMA : ARIYANTO
    NIM :09291278
    STIKES CAHAYA BANGSA BANJARMASIN PROGSUS 2011

    Suka

  13. kebohongan-kebohongan yang terjadi didunia ini merupakan tanda akhir zaman karena sebuah kebohongan dapat menghancurkan dirinya dan sebuah negara karena itu kebohongan sangat dilaknat oleh tuhan .kebohongan bisa meruntuhkan rezim disebuah negara seperti irak,libya.oleh sebab itu hendaknya dalam kehidupan ini jangan dilandasi oleh kebohongan,bersifatlah jujur dalam menjalani kehidupan kita ini yang tinggal sedikit waktu” Bertobatlah” wahai kita manusia ??

    Suka

  14. saya sering mendengar berbohong boleh saja untuk kebaikan,sedangkan yang saya tau berbohong merupakan sikap tidak terpuji.

    Suka

  15. Kebohongan bisa terjadi dimana saja di rumah sakit,sekolah instansi pemerintah,dll.Kebohongan di instansi rumah sakit bisa di contohkan dengan proyek penyediaan alat2 kesehatan.Dimana banyak terjadi koropsi yaitu korupsi berupa pembuatan kuitansi palsu dengan kerjasama pihak2 tertentu.Sehingga anggaran yang seharusnya cukup mungkin kurang dan alat2 yang didapat mungkin mutunya kurang.Kebohongan ini tentu sangat merugikan semua pihak.Pihak rumah sakit tentu sangat dirugikan,pelayanan bisa terganggu dengan alat yang terbatas dan kurang berkualitas.Dan bagi pelaku sendiri tentu akan berhadapan dengan hukum.Karenanya hidup ini janganlah suka berbohong karena kebohongan membuat hilang kepercayaan orang dan membuat penderitaan bagi diri sendiri dan akan dipertanggung jawabkan diakhirat.

    Nama : Anton sugiharto
    Nim : 10201416
    CAHAYA BANGSA

    Suka

  16. berbohong merupakan suatu tindakan berkomunikasi yang bertentangan dengan isi hati dan keinginan untuk jujur oleh sebab itu orang yang berbohong berprilaku yang janggal baik dari segi gerakan tubuh expresi muka,ucapan dan prilakunya penuh dengan gerak gerik yang tidak wajar bahkan berlebihan sebab khwatir akan terungkapnya kebenaran yang mengakibatkan kerugian pada dirinya dan orang lain!!!!

    Suka

  17. Kebohongan-kebongan didunia sekarang merupakan tanda-tanda akhir zaman,kebohongan juga bisa meruntuhkan harga diri dan martabat seseorang ,juga harga diri sebuah negara yang kita lihat sendiri negara iarak dan libya,hancur negaranya akibat pemimpinnya yang rakus dan tamak ,terlau banyak membohongi rakyatnya,sehingga membuat kematian pada mereka,itulah contoh dari akibat kebohongan.Kebohongan jangan dijadikan landasan menjalani sisa-sisa kehidupan kita kebohongan sangat dibenci tuhan,kata bang rhoma” Bohong” itu TERLALU.u.u.u.u!!!!!!

    Suka

  18. Kebohongan merupakan sesuatu tindakan yg tidak terpuji,saya punya pengalaman dmana kita mendengarkan seseorg bercerita dan meskipun kata2 nya terdengar masuk akal dan nyata,tetapi ad sesuatu yg memberitahukan kpd saya bahwa sepertinya org itu tdk menceritakan sebuah kebenaran,itu terlihat jelas dari ucapan,nda suara,laju bicara,gerakan tangan dan ekspresi mukax….maka dari itu mulai skrg lbh baik bersikap jujur dan jauhilah kebohongan

    Suka

  19. Kebohongn adalah sesuatu hal yang sangat bertentangan dgn arti kejujuran ,tapi kadang kala kebohongan bisa saja dilakukan demi sebuah kebaikan .Walaupun demikian kebohongan yang kita lakukan pada seseorang sama saja kita berbohong pada diri kita sendiri .
    NAMA : SARI HASTUTI
    NIM : 10201551
    STIKES CAHAYA BANGSA BANJARMASIN PROGSUS 2011

    Suka

  20. berbohong untuk kebaikan…
    Mungkin bsa membantu saat kondisi memungkinkan, tapi kadang bisa membawa kita ke keadaan yang tidak kita inginkan..
    Ketika kita hrs berbohong saat menjelaskan status penyakit pasien yang sebenarnya sudah tahap akhir tapi untuk membangkitkan semangat agar penderita mempunyai kekuatan dan optimis menghadapi penyakitnya kita terpaksa harus berbohong.

    By.kuswindarti
    STIKES Cahaya Bangsa BJM
    Progsus 2011

    Suka

  21. Menurut saya b`bohong utk kebaikn msh bsa d`terima n ditoleransi, conthnya yg pernh saya alami sendiri seorang pasien melahirkn dg cara operasi caesar krn dokter mengatakn kondisi by sangat gwat n s`ibu kondisinya jg sngt lemah untk dlkkn mlhirkn scara normal
    Stlh d lkukn operasi tnyta keadaan bayinya sngt lemah n buruk, tp karna ingn menyenangkn s`ibu saya blg bhw kondisi byinya baik2 saja.
    Tujuannya agar s`ibu bsa tenang untuk sesaat tp dg kluarga ttp dijelaskn ttg kondisi bayi yg sbenarnya..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s