Mimpi sebagai Pintu Masuk Menuju ke Ketidaksadaran

Seperti halnya makan, minum, berjalan, duduk dan tidur, mimpi juga merupakan bagian aktivitas manusia. Bedanya aktivitas lainnya dilakukan secara sadar, sedangkan mimpi berlangsung secara tidak sadar.

Ilmu pengetahuan belum berhasil sepenuhnya menguak misteri mimpi. Mimpi masih lebih menyisakan pertanyaan daripada penjelasannya. Ilmu pengetahuan sepertinya memilih menjaga jarak, sehingga referensi ilmiah tentang mimpi boleh dikatakan terbatas dibanding dengan referensi aktivitas psikis yang berlangsung secara sadar.

Adalah Sigmund Freud yang sejak kelahiran teori psikoanalisanya, telah berupaya menguak tabir misteri tentang mimpi. Untuk mewujudkan ambisinya itu, tidak tanggung-tanggung, ia menafsirkan mimpi-mimpinya sendiri. Mimpi yang sering kita sebut sebagai bunga tidur itu, bagi Freud memiliki arti penting. Freud meyakini bahwa mimpi bisa menjadi pintu masuk menuju ke ketidaksadaran. Dengan memperlajari atau mengetahui jalan masuk menuju ke ketidaksadaran, berarti akan bisa mengungkap lebih jauh lagi tentang ketidaksadaran, termasuk mimpi.

Dengan teori psikoanalisa-nya, Sigmund Freud memiliki keyakinan bahwa semua perilaku manusia di pengaruhi oleh ketidaksadarannya. Termasuk perilaku produktif berupa prestasi atau perilaku patologis dalam bentuk gangguan mental. Perilaku manusia, masih menurut Freud, berakar pada masalah seks yang diekspresikan ke  dalam wilayah ketidaksadaran. Perilaku produktif merupakan efek dari aktivitas tidak sadar yang telah mengalami proses sublimasi (penggantian kepada yang tindakan yang dianggap lebih bernilai), sedangkan perilaku patologis adalah efek dari dari proses represi (pengingkaran yang tersimpan dalam alam tidak sadar).

Kesimpulan Freud setelah menganalisa dan menerjemahkan mimpi-mimpinya sendiri dapat disimak lewat buku  The Interpretation of Dream.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s