Membaca penyakit lewat isyarat tubuh

Dalam berkomunikasi kita mengenal komunikasi verbal dan non verbal. Komunikasi verbal untuk jenis komunikasi yang dilakukan secara lisan, sedangkan komunikasi non verbal dilakukan dengan menggunakan sarana selain lisan, seperti tanda, simbol, gerakan tangan atau anggota badan lainnya, maupun isyarat.

Dalam bentuk khas, tubuh kita juga selalu berkomunikasi kepada kita secara non verbal.  Pesan yang disampaikan oleh tubuh kita itu merupakan informasi tentang kondisi kesehatan kita, terutama bila terjadi gangguan.  Tapi pesan atau isyarat yang disampaikan tersebut tidak sama dengan gejala penyakit seperti  bersin dan demam yang biasanya diartikan sebagai indikasi terkena flu, atau nyeri di lambung mengindikasikan kemungkinan gejala penyakit maag, dan lain sebagainya.

Pesan atau isyarat yang dikirimkan oleh tubuh kita sebelum munculnya gejala penyakit. Ketika telinga berwarna merah, kita akan mengartikan sebagai pertanda orang tersebut malu, padahal hal itu merupakan pesan atau instruksi agar kita segera menghindar dari sinar matahari, karena telinga kita berada di garis terdepan,  terbakar sinar matahari. Demikan juga ketika kita mendapati cuping telinga seseorang  terlipat diagonal, bisa jadi diakibatkan tidur terlalu lama dengan posisi telinga tertindih. Tapi, apabila lipatan itu selalu ada, maka ada kemungkian terkena penyakit jantung koroner atau diabetes (kencing manis). Nah itu sekelumit petikan dari  buku Body Signs yang ditulis berdasarkan hasil panel ahli kedokteran dari berbagai spesialisasi.

Tanda-tanda tubuh kita dari ujung kaki sampai ujung rambut disajikan dengan beberapa kategori : sehat, peringatan hingga tanda bahaya. Bila anda ingin mengetahui lebih banyak tentang isi pesan tubuh anda  ?, coba search dan download e-book Body Signs .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s